Brigjen TNI Yusuf Ragainaga bertindak sebagai komandan upacara pengukuhan Komcad di Bandung, Kamis (7/10/2021).

Brigjen TNI Yusuf Ragainaga, Putra Terbaik Papua, Komandan Upacara Penetapan Komcad TNI

Loading

BANDUNG (Independensi.com) – Upacara Pengukuhan Komponen Cadangan (Komcad) TA 2021 digelar di Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Komando Pasukan Khusus (Kopassus), di Batujajar, Bandung, Jawa Barat, Kamis (07/10). Brigjen TNI Yusuf Ragainaga bertindak sebagai komandan upacara pengukuhan Komcad.

Putera asli Papua ini merupakan perwira tinggi TNI AD lulusan Akademi Militer Tahun 1990. Brigjen TNI Yusuf yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Dandim Sumenep dan Kasrem 173/ Praja Vira Baja merupakan putera asli Papua kelahiran Serui. Jenderal Bintang Satu TNI AD ini, lulusan Akademi Militer Tahun 1990. Saat ini Brigjen TNI Yusuf menjabat sebagai Kapok Sahli Pangdam XVIII/Kasuari.

Upacara pengukuhan Komcad akan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Seluruh peserta upacara merupakan siswa Komponen Cadangan yang selama tiga bulan telah berlatih bersama dalam karantina tanpa ada interaksi dengan pihak luar.

Komponen cadangan merupakan program sukarela (tidak wajib) yang diamanatkan oleh UU No. 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara (PSDN). Mobilisasi komponen cadangan hanya bisa dilakukan oleh Presiden atas persetujuan DPR RI, dan di bawah kendali Panglima TNI.