Suasana pameran lukisan bertajuk “Membaca Dunia” atau “Read the World”. Pameran ini diadakan di Balai Budaya Jakarta dan resmi dibuka, Selasa (23/11/2021). (Istimewa)

15 Pelukis Gelar Pameran “Membaca Dunia”

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Sebanyak 15 pelukis menggelar pameran bersama Pelukis Indonesia 2021 bertajuk “Membaca Dunia” atau “Read the World”. Pameran ini diadakan di Balai Budaya Jakarta dan resmi dibuka, Selasa (23/11/2021).

Adapun para pelukis itu adalah Syahnagra Ismaill, Sri Warso Wahono, Ade Artie, Ary Okta, Bibiana Lie, Ida Ahmad, Indah Arsyad, Irtiana, Kanna, Katarina Ardhani, Nasya, Nicky Soewardi, Nadia St Iskandar, Semut Prasidha dan Winarti. Pameran ini beelangsung hingga Senin (29/11/2021).

Ketua Dewantara Center, Syahnagra Ismaill yang juga menjadi salah satu pelukisa yang karyanya dipamerkan menjelaskan, tajuk “Membaca Dunia” atau “Read the World” pada pameran bersama kali ini terinspirasi dari rasa optimisme para pelukis dalam melihat perkembangan dunia terutama di masa pandemi Covid-19. “Kami melihat bagaimana persahabatan antarbangsa menjadi sangat penting di saat-saat ini, trrutama dalam situasi pandemi yang belum berakhir,” ungkap Syahnagra.

Syahnagra Ismail (paling kanan)

Pameran lukisan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati berdirinya Dewantara Center yang ke-7 ini, memiliki pesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat bahwa kebudayaan dan kesenian merupakan kekuatan dalam membangun persahabatan antara bangsa-bangsa.

Kurator sekaligus kritikus seni, Iwan Jaconiah menyatakan, pameran ini merupakan gerakan bersama seniman Indonesia menggaungkan optimisme menyambut dunia pascapandemi Covid-19. Momen ini merupakan ekspresi para seniman dalam mebaca fenomena global yang membawa para pelukis ini beradaptasi dengan pelbagai informasi yang bertebaran baik di dunia maya maupun dunia nyata.

Bagi penikmat karya seni, tentu saja pameran ini akan menjadi momen yang membahagiakan. Setelah dua tahun lamanya jiwa-jiwa terasa kering akibat kurangnya asupan seni khususnya seni lukis, kini bisa kita nikmati kembali secara langsung.

Pameran lukisan “Membaca Dunia” atau “Read the World” menanti Anda, para penikmat seni lukis untuk menyerap energi dan optimisme menghadapi masa-masa pascapandemi dengan sukacita.