Suasana di terminal keberangkatan Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Baru Pertama Kali Naik Pesawat? Simak 7 Tipsnya!

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Sudah merencanakan liburan dengan pesawat terbang? Walaupun menggunakan pesawat terbang bagi sebagian orang adalah hal yang biasa, namun untuk sebagian lainnya merupakan hal baru.

Bahkan, bagi Anda yang belum pernah berpergian naik pesawat dan baru akan mencobanya untuk yang pertama kali, pasti memiliki rasa ketakutan. Seperti harga tiket yang mahal, untuk hal itu Anda tak perlu khawatir lagi karena kini ada tiket pesawat Traveloka termurah.

Simak dan ikuti tips untuk Anda yang baru pertama kali menaiki pesawat terbang:

Bikin Rencana Perjalanan

Anda bisa merencanakan tempat tinggal, tempat tujuan, kegiatan dan moda transportasi yang akan dipilih. Anda harus memastikan semuanya aman. Hal ini penting dilakukan agar liburan Anda memiliki kesan tersendiri, dan Anda tidak melewatkan sesuatu disana.

Persiapan Sebelum Keberangkatan

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan adalah barang yang akan Anda bawa saat berlibur, tiket penginapan dan jangan lupakan tiket pesawat. Cari tiket pesawat sesuai dengan budget yang telah Anda siapkan, Anda bisa mencari promo di Traveloka Lifestyle SuperApp sehingga liburan Anda akan tetap menyenangkan dengan harga tiket pesawat yang murah.

Datang Lebih Awal

Lebih baik Anda datang lebih awal daripada harus terlambat yang meningkatkan risiko tertinggal pesawat terbang. Sudah hal yang lumrah, kedatangan Anda disebut 2 jam sebelum keberangkatan lantaran ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. Misalnya check in, menuju ruang boarding, dan mencari terminal keberangkatan. Datang lebih awal, maka Anda akan lebih santai dan tidak terburu-buru.

Bagi Anda dengan keberangkatan awal Bandara Internasional Soekarno Hatta, Anda bisa menggunakan kereta bandara untuk menghindari kemacetan.

Tak cuma jadwalnya yang tepat, kereta bandara juga terbilang sangat cepat dalam hal waktu tempuh. Hanya 50 menit dari Stasiun Manggarai ke Stasiun Bandara Soetta, dan juga sebaliknya.

Jika Anda menaiki kereta bandara dari Stasiun Manggarai, Anda akan berhenti di Stasiun BNI City, Stasiun Duri, Stasiun Batu Cepet, kemudian tiba di Stasiun Bandara Soetta. Kereta bandara juga bisa melayani penumpang dari Bandara Soetta yang ingin menuju pusat kota dengan rute pemberhentian yang sama

Pemeriksaan

Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan dua kali, mulai dari check in hingga sampai masuk ke ruang tunggu pesawat. Anda bisa melepaskan dulu semua benda yang mengandung logam yang menempel di tubuh seperti jam, cincin, kalung, anting dan uang koin agar proses pemeriksaan bisa berjalan dengan lancar.

Pemeriksaan kedua akan dilakukan lebih fokus kepada barang-barang bawaan Anda, seperti parfum dan lainnya, usahakan parfum yang Anda bawa tidak lebih dari 100 ml ya.

Check In

Bagi Anda yang baru pertama kali pergi menggunakan pesawat terbang, Anda harus memperhatikan prosedur check in yang sesuai dengan standar. Carilah loket untuk check in sesuai dengan maskapai tiket pesawat terbang yang Anda beli dan persiapkan identitas serta paspor bagi Anda yang berpergian ke luar negeri.

Check in merupakan konfirmasi penumpang kepada petugas sebelum naik pesawat, proses ini bisa dilakukan secara manual melalui mesin check in yang telah disediakan atau bisa secara online di website resmi maskapai.

Boarding Pass

Hal yang sederhana, namun kerap membuat bingung bagi Anda yang belum pernah bepergian dengan pesawat terbang.

Anda bisa menunggu di tempat yang telah disediakan sesuai dengan boarding pass, dan nantinya akan diarahkan untuk menunggu pesawat terbang ke tempat yang telah disediakan.

Memasuki Pesawat

Saat memasuki pesawat, Anda harus mencari nomor kursi sesuai yang sesuai dengan nomor di boarding pass.

Tetap Rileks

Bagi Anda yang baru pertama kali pasti akan ada rasa takut pada diri saat pesawat sudah mulai bergerak. Anda harus memperhatikan instruksi dari awak kabin, dan menggunakan sabuk pengaman.

Setelah sampai tujuan, Anda harus bersabar dan tidak tergesa-gesa yang akan mengganggu penumpang lain. Jangan lupa barang-barang yang Anda bawa ke Kabin.

Ambil Bagasi

Setelah keluar dari pesawat terbang, Anda bisa mengantre di tempat pengambilan barang, dan ambil barang yang memang Anda bawa sebelumya.

 

Keuntungan Menggunakan Pesawat Terbang

Memiliki harga yang lebih tinggi daripada transportasi lainnya, berlibur menggunakan pesawat memiliki banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan seperti:

Banyaknya Promo

Keuntungan liburan dengan naik pesawat adalah banyaknya tiket promo, yang diberikan berbagai maskapai. Seringlah cek Traveloka untuk mendapatkan harga terbaik tiket pesawat. Terlebih saat membeli tiket pesawat secara online, Anda tidak akan menemukan biaya tambahan yang tidak tampak, biaya yang tertera di ponsel Anda lah yang harus anda bayar.

Jadwal Lebih Mudah Diatur

Pesawat terbang memiliki kemampuan untuk tiba di tempat tujuan dengan waktu singkat dan tepat, terkecuali adanya halangan seperti cuaca buruk.

Waktu yang tepat ini tidak akan membuang waktu di perjalanan sehingga daftar perjalanan Anda tidak terganggu.

Keberadaan Pesawat Mudah Dilacak

Anda bisa memantau pesawat yang akan ditumpangi melalui aplikasi atau website, akan tertera berapa banyak pesawat yang beroperasi, bagaimana kondisi cuaca di bandara tujuan dan kemungkinan cuaca kala pesawat Anda sedang terbang.

Sekarang Anda tak perlu lagi khawatir menggunakan pesawat terbang, selamat berlibur.