FIK UI: Kurang Minum Tingkatkan Risiko Kematian Akibat Covid-19

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) menyelenggarakan kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian dan pemberdayaan masyarakat (PPM) salah satu departemen di FIK UI yaitu Departemen Dasar Keperawatan Keperawatan Dasar (DKKD). Kegiatan PPM yang berjudul “Hidup Sehat dengan Memenuhi Kebutuhan Hidrasi Tubuh”.

Kecukupan cairan/air dalam tubuh manusia sangat penting untuk keberlangsungan hidup.  Tubuh yang terhidrasi akan mampu melawan virus. Air minum membantu mengoksigenasi sel-sel. Ketika sel-sel memiliki oksigen yang cukup, maka sel akan bekerja pada kapasitas penuh, sehingga membantu melindungi tubuh terhadap benda asing yang mencoba masuk, kemudian melawannya.

Selain itu, status hidrasi yang rendah pada minggu-minggu sebelum terpapar COVID-19 meningkatkan risiko kematian akibat COVID-19 melalui berbagai kemungkinan jalur yang mendukung akumulasi cairan di paru-paru (Stookey et al., 2020). Maka Hidrasi yang memadai adalah komponen penting dari kesehatan di setiap tahap kehidupan.

Kegiatan PPM yang diselenggarakan DKKD FIK UI dilaksanakan secara daring dengan target sasaran yaitu masyarakat umum. Kegiatan ini diikuti 155 orang. Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Dr. Krisna Yetti, S.Kp., M.App.Sc sebagai Pemerhati dan Peneliti Keperawatan Ginjal dan Filsafat dan Ns. Shanti Farida Rachmi, S.Kep., M.Kep. Sp.KMB sebagai Pemerhati dan Peneliti Keperawatan Dasar.

Dalam sambutannya, Dekan FIK UI Agus Setiawan menekankan salah satu kegiatan yang dilaksanakan FIK UI dalam melaksanakan tri darma perguruan tinggi adalah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat, pada kesempatan ini departemen DKKD telah menginisiasi kegiatan yang sangat penting terkait dengan pemenuhan kebutuhan dasar yang vital bagi manusia yaitu pemenuhan hidrasi, tentunya dengan ekspertise dari narasumber dalam talkshow akan memberikan pengetahuan dan manfaat bagi seluruh peserta serta memberikan daya ungkit bagi kegiatan PPM di FIK UI.

Ketua Departemen Dasar Keperawatan, Dr. Hanny Handiyani, S.Kp., M.Kep berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat umum mengenai hidrasi tubuh. Dari hasil talkshow yang mengikuti kegiatan PPM, kegiatan tersebut dianggap bermanfaat sebagai deteksi dini dan menambah wawasan ilmu pengetahuan terutama hidrasi tubuh. Para peserta berharap agar kegiatan semacam ini dilaksanakan secara rutin bagi masyarakat umum dengan tema tema yang umum.

One comment

Comments are closed.