Cara Membuat Email Profesional dan Tipsnya

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Email profesional adalah jenis email khusus yang digunakan oleh orang-orang tertentu. Hal ini karena email profesional memiliki domain yang menggunakan nama perusahaan. Jadi, tidak heran jika email profesional ini lebih digunakan untuk kepentingan bisnis. 

Saat ini sudah ada berbagai macam cara membuat email profesional yang bisa Anda coba lho! Penasaran bagaimana cara membuat email profesional? Yuk, simak tutorialnya dalam artikel berikut.

Apa Itu Email?

Email atau elektronik mail adalah sebuah program yang digunakan untuk bertukar pesan melalui internet. Siapa saja bisa memiliki email dan mengirim teks maupun file kepada orang lain. Bahkan kini kebanyakan orang memiliki lebih dari satu email. Baik email personal maupun profesional. Jadi, tidak heran jika pengguna email di seluruh dunia sangatlah banyak.

Cara Membuat Email Profesional

Lalu, bagaimana cara membuat email profesional? Yuk, simak tutorialnya berikut ini.

1. Zoho

Cara membuat email profesional yang pertama, Anda bisa menggunakan Zoho. Namun, website ini hanya bisa digunakan untuk lima username dalam satu domain yang sama. Berikut langkah-langkahnya.

    1. Buka website Zoho.
    2. Pilih Free Plan dan klik Get Started.
    3. Masukkan domain website bisnis Anda.
    4. Lengkapi informasi bisnis yang diminta, lalu klik Proceed.

2. Email di cPanel

Membuat email profesional di cPanel bisa Anda lakukan jika sudah memiliki hosting dan domain. Cara ini bisa Anda gunakan jika tidak ingin mengeluarkan biaya lagi karena email di cPanel sudah termasuk biaya hosting yang digunakan. 

Berikut cara membuat email profesional di cPanel.

    1. Buka cPanel dan klik menu Email Accounts.
    2. Klik Create, lalu isi data yang diminta. Mulai dari pilihan domain, username email, password, storage, hingga penentuan folder email.
    3. Klik Create dan email profesional Anda sudah siap digunakan.

3. Email Hosting

Selain menggunakan cPanel, Anda juga bisa membuat email profesional dengan email hosting, lho. Saat ini Niagahoster juga menyediakan layanan ini dengan tiga pilihan paket utama. Berikut adalah tutorial membeli layanan email hosting di Niagahoster.\

    1. Masuk ke halaman https://www.niagahoster.co.id/email-hosting dan pilih paket yang diinginkan.
    2. Lalu klik Order Sekarang.
    3. Pilih durasi paket yang diinginkan dan klik Selanjutnya.
    4. Klik Saya Tidak Ingin Membeli Domain Karena Sudah Memilikinya jika Anda sudah punya domain. Atau tulis nama domain yang diinginkan dan klik Cari Domain untuk membeli domain baru. 
    5. Kemudian klik Selanjutnya untuk melakukan transaksi.
    6. Masuk ke member area dan lakukan pembayaran sesuai invoice.

Mengapa Email Profesional Harus Menggunakan Domain?

Berikut adalah beberapa alasan email profesional harus menggunakan domain.

1. Gmail dan Yahoo Hanya Digunakan untuk Kepentingan Personal

Email yang menggunakan Gmail dan Yahoo lebih diperuntukkan bagi pengguna personal. Jadi, lebih baik Anda menggunakan domain sendiri untuk keperluan kepentingan profesional. Karena nantinya hal ini akan berdampak pada kredibilitas perusahaan.

2. Mewakili Perusahaan

Email profesional yang menggunakan domain dengan nama perusahaan tentu secara tidak langsung telah mewakili perusahaan. Email inilah yang akan Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan maupun mitra perusahaan.

3. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Dengan menggunakan domain khusus, Anda bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan. Hal tersebut bisa menjadi aset berharga untuk bisnis Anda. khususnya pada pemilik bisnis online. Jika Anda sudah mendapat kepercayaan pelanggan, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menawarkan layanan produk.

Tips Membuat Email Profesional

Adapun beberapa tips membuat email profesional, yaitu:

  • Pilih layanan email yang terpercaya. Anda bisa gunakan layanan email dari Niagahoster dan pilih paket layanan sesuai kebutuhan bisnis.
  • Gunakan nama asli atau nama perusahaan.
  • Hindari penggunaan angka atau karakter yang sulit diingat.

Nah, itu dia penjelasan tentang email profesional. Jangan bingung jika Anda ingin membuat email profesional tapi belum punya domain. Karena Anda bisa beli domain di Niagahoster. Setelah itu, Anda bisa buat email profesional dengan domain tersebut di layanan email hosting Niagahoster.