(Ist/FIBA Asia Cup 2022)

Drawing FIBA Asia Cup 2022 Digelar

JAKARTA (Independensi.com) – FIBA Asia bersama Panitia Pelaksana FIBA Asia Cup 2022 menggelar undian grup 16 tim peserta FIBA Asia Cup 2022, Jumat (18/2/2022). Acara drawing ini dipandu oleh FIBA Asia Competition Manager Raffi Kasabian, dibantu oleh tiga legenda basket Indonesia Christian Ronaldo Sitepu, Andy ‘Batam’ Poedjakesuma, dan Ali Budimansyah.

Dari hasil undian ini, Indonesia sebagai tuan rumah tergabung di Grup A bersama Australia, Yordania, dan Arab Saudi pada kejuaraan yang akan berlangsung 12-24 Juli 2022 itu. Sejumlah tokoh nasional menaruh perhatian dan ikut hadir dalam acara ini, yakni FIBA Board Member yang juga Menteri BUMN, Erick Thohir serta Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. Sedangkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memberikan sambutan lewat video greeting yang diputarkan di tengah acara undian.

Hadir pula Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi, Wakil Presiden Direktur Utama PT Freeport Jenpino Ngabdi, Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam dan Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mewakili pihak sponsor yang mendukung event FIBA Asia Cup 2022.

Berikutnya ada Ketua Umum PP Perbasi Bapak Danny Kosasih, Sekjen PP Perbasi, Nirmala Dewi, Badan Tim Nasional Syailendra Bakrie, serta Manajer Timnas Basket Putra Indonesia Jeremy Immanuel Santoso. Pelatih timnas basket putra Rajko Toromona hadir secara virtual.

Ketua Panita Pelaksana FIBA Asia Cup 2022 Junas Miradiarsyah bersyukur undian FIBA Asia Cup 2022 berjalan lancar tanpa kendala. “Satu tahapan menuju penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2022 sudah kita jalani dengan baik. Kita memberikan pesan bahwa Indonesia siap menyelenggarakan event besar ini. Ini titik awal yang penting untuk menyelenggarakan kejuaraan dengan sukses pada 12 sampai 24 Juli nanti,” kata Junas.

Lebih lanjut Junas mengatakan, panitia lokal akan tetap bersiap dengan protokol kesehatan ketat karena pandemi belum benar-benar usai. Termasuk mempersiapkan sistem bubble saat penyelenggaraan nanti. “Kita semua berharap pandemi semakin melandai, tapi sampai saat ini kita mempersiapkan bubble. Kita akan terus bekerja sama dengan pemerintah terkait ini,” kata Junas.

Dalam kesempatan yang sama, Danny Kosasih optimistis Indonesia meraih hasil bagus pada kejuaraan ini. Timnas basket putra Indonesia ditargetkan minimal menembus delapan besar FIBA Asia Cup agar bisa lolos ke FIBA World Cup 2023, di mana Indonesia menjadi salah satu tuan rumah bersama Filipina dan Jepang. Dalam undian ini, Indonesia mendapatkan previlese memilih grup. Danny yang maju ke panggung memilih Grup A. Ia mengatakan Grup A merupakan pilihan terbaik.

“Melihat hasil drawing ini, harapan kita timnas basket Indonesia bisa minimal lolos ke 8 besar. Kita optimistis timnas basket kita bisa mencapai target yang ditetapkan dengan kerja keras. Manajer tim Pak Jeremy akan berusaha menyiapkan tim sebaik mungkin,” ujar Danny.

Menyoal hasil undian, Jeremy menambahkan, di luar Asutralia, Yordania dan Arab Saudi akan jadi lawan yang lebih baik untuk Indonesia. Sebab kedua tim ini juga akan dihadapi pada Window II Kualifikasi FIBA World Cup 2023. “Kita optimistis di FIBA Asia nanti karena kekuatan tim saat ini belum full. Ada Marques Bolden dan Derrick Michael yang belum bergabung dengan tim. Kita akan mempersiapkan tim sebaik mungkin, termasuk dengan berlaga di SEA Games agar bisa mencapai target delapan besar,” kata Jeremy.

Berikut hasil undian FIBA Asia Cup 2022:

Grup A: Arab Saudi, Yordania, Australia, Indonesia.
Grup B: China Taipei, China, Korea, Bahrain.
Grup C: Iran, Jepang, Kazakhstan, Suriah.
Grup D: India, Lebanon, Filipina, Selandia Baru.