Bagas Maulana dan Muhammad Shohibul Fikri. (Ist/Badminton Photo)

Bagas/Fikri Juarai Ganda Putra All England 2022

Loading

JAKARTA  (Independensi.com) – Bertarung di turnamen tertua kelas dunia, All England edisi  tahun 2022, duet Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri menggenapi dengan sebuah kemenangan. Debut gelar ajang bergengsi ini diraih dengan mengandaskan unggulan kedua sekaligus seniornya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dalam laga final yang berlangsung di Utilita Arena Birmingham, Inggris, Minggu (20/3/2022). Bagas/Fikri menang straight gim langsung 21-19, 21-13.

Hasil ini menyempurnakan perjalanan Bagas/Fikri yang di babak-babak sebelumnya secara mengejutkan berhasil menumbangkan lawan-lawan kuat. Dari mulai juara dunia Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang) hingga ganda nomor satu dunia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

“Saya masih belum bisa berkata-kata, terharu, tidak percaya, senang dan bangga campur aduk jadi satu,” ujar Bagas seperti dikutip dari rilis Humas PP PBSI. “Sama sekali tidak menyangka bisa naik podium tertinggi. Saat pertandingan selesai perasaan tidak tahu lagi seperti apa. Yang pasti senang banget,” lanjutnya.

Fikri pun tak kuasa membendung air matanya menyusul sukses yang tidak diprediksi sebelumnya. Dia hanya mencoba bermain sebaik mungkin tanpa beban dan siap menerima kemenangan maupun kekalahan. “Gelar ini kami persembahkan untuk Indonesia, PBSI, pelatih, keluarga dan orang-orang tersayang yang selalu dukung selama ini,” tukas Fikri.

<span;>Berbicara tentang pertandingan, Bagas/Fikri tampil dengan pola permainannya yang terus menyerang. Ketenangan dan tidak banyak melakukan kesalahan sendiri menjadi kunci kemenangan. “Pertandingan hari ini sangat luar biasa. Kami selalu selalu fokus satu poin demi satu poin, tidak memikirkan menang atau kalah,” tutur Fikri.

Ahsan/Hendra yang tidak tampil 100% menyusul Ahsan mengalami cedera betis sejak babak perempat final, tetap memberikan apresiasi atas kemenangan Bagas/Fikri. Peraih dua kali juara All England itu mengatakan, juniornya tersebut pantas meraih podium teratas.

“Mereka bermain baik hari ini, terus menyerang dan rotasinya sangat cepat. Selamat untuk mereka. Kami berlatih bersama setiap hari, mereka memang punya kualitas,” tukas Hendra. “Saya tidak mau berbicara tentang cedera saya, Bagas/Fikri memang bermain sangat bagus. Mereka pantas mendapatkannya. Saya harap mereka bisa konsisten ke depannya, jangan cepat puas dan terus bekerja keras,” imbuh Ahsan.

Bagas/Fikri akan melanjutkan perjuangan di ajang Swiss Terbuka pekan depan.

Berikut perjalanan Bagas/Fikri hingga sukses meraih gelar All England 2022.

1. Babak 32 besar vs Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (Indonesia) 21-18, 21-19

2. Babak 16 besar vs Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (Malaysia/8) 24-22, 13-21, 21-17

3. Babak Perempat Final vs Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang/3) 16-21, 21-16, 22-20

4. Babak Semi Final vs Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Indonesia/1) 22-20, 13-21, 21-16

5. Babak Final vs Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (Indonesia/2) 21-19, 21-13.