Ketua DPRD Gresik beserta anggotanya saat menemui kunjungan pelajar yang masuk sebagai finalis lomba liv report baca berita yang diselenggarakan PWI Gresik

Para Finalis Lomba PWI Gresik Gelar Dialog Bersama Ketua DPRD, Untuk Asa Kemampuan

Loading

GRESIK (Independensi com) – Dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022, DPRD Gresik dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Gresik, Jawa Timur, menyelenggarakan kegiatan bersama yang di antaranya adalah lomba live report tingkat SMA sederajat. 

Sebelum pelaksanaan puncak kegiatan yang rencananya berlangsung pada tanggal 24 Maret 2022 mendatang, sedikitnya 10 finalis lomba live report PWI Kabupaten Gresik telah berkesempatan melakukan kunjungan ke kantor DPRD Gresik.

Kedatangan para finalis ini disambut langsung oleh Ketua DPRD Gresik, Much Abdul Qodir, dengan didampingi Anggota Komisi III Lutfi Dhawam, dan Ketua Komisi I Muchamad Zaifudin.

Pertemuan yang dikonsep dengan diskusi itu, berlangsung gayeng di ruang rapat Paripurna DPRD Gresik. Apalagi  para pelajar juga didampingi perwakilan guru masing-masing ini berkesempatan duduk di kursi wakil rakyat.

Bahkan mereka tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut, saat bertatap muka secara langsung dengan para anggota legislatif. Sehingga, berbagai pertanyaan dan aspirasi pun disampaikan.

Dalam kesempatan itu, para finalis lomba live report juga mendapat penjelasan tentang tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dari anggota legislatif.

Ketua DPRD Gresik Much. Abdul Qodir menyambut baik kedatangan para peserta lomba live report PWI. Pihaknya pun mempersilahkan mereka untuk masuk ke ruang paling sakral di kantor dewan. Yaitu, ruang rapat paripurna.

“Saya harap di masa mendatang, kalian mampu menjadi penerus kami di DPRD. Mengawal aspirasi masyarakat dan ikut membangun Kota Gresik,” katanya kepada para finalis.

Sebelum mimpi tersebut terwujud, para siswa harus mulai terbiasa dengan dunia politik. Misalkan dengan aktif mengikuti organisasi, terlibat aktif dalam kegiatan masyarakat serta memahami tupoksi anggota DPRD. Diantaranya, fungsi pengawasan, anggaran dan regulasi. Sehingga memiliki kapasitas yang mumpuni. Hal tersebut harus terus dipupuk sejak usia remaja,” paparnya.

Selanjutnya, politisi PKB ini telah menjawab berbagai pertanyaan yang disampaikan oleh para siswa. Mulai dari permasalahan layanan publik, pembangunan infrastruktur, serta inovasi yang dilakukan pemerintah namun belum mampu diterapkan secara efektif.

“Pertanyaan ini sepertinya ngalah-ngalahi (melebihi pertanyaan) wartawan,” canda Qodir sesaat sebelum mulai menjawab satu per satu pertanyaan pelajar.

Ketua DPRD Gresik Abdul Qodir pun mengaku bangga serta mengapresiasi atas semua pertanyaan dan juga masukan dari para pelajar. Hal tersebut juga menjadi bukti bahwa para siswa peduli terhadap perkembangan Gresik menjadi lebih baik. “Hal tersebut tentu wajib untuk terus diasah. Salah satunya dengan mengikuti kompetisi jurnalistik seperti yang dilakukan PWI Gresik,” tandasnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Komisi I DPRD Gresik, M. Zaifuddin. Menurutnya, para anak muda di era perkembangan teknologi sekarang memiliki kesempatan yang lebih terbuka. Yaitu dengan ikut menyampaikan aspirasi masyarakat.

“Juga bisa terlibat untuk menyampaikan inovasi yang sudah dilakukan pemerintah kepada masyarakat awam,” jelasnya.

Program pemerintah salah satunya adalah mendorong sektor UMKM agar lebih berkembang. Dan, permasalahan yang sering dialami oleh para pelaku usaha yakni dalam hal administrasi maupun publikasi promosi. “Dengan kecakapan pelajar tentang media sosial. Tentu sangat membantu untuk pengembangan usaha,” tambah Anggota DPRD Lutfi Dhawam. (Mor)