Ilustrasi toko online (freepik.com)

Cara Membuat Website Toko Online yang Mudah untuk Pemula!

JAKARTA (IndependensI.com) – Maraknya bisnis online membuat para pebisnis berlomba-lomba mempelajari cara membuat toko online sendiri. Bahkan, hal ini mendorong penyedia layanan website builder untuk mulai menawarkan paket template toko online, salah satunya yaitu website toko online Zyro.

Paket toko online tersebut tentunya sangat membantu pemilik bisnis karena proses pembuatan website menjadi lebih cepat dan praktis. Kemudahan ini pun tidak mengharuskan Anda untuk memiliki keahlian di bidang percodingan. Penasaran bagaimana caranya?Yuk cek panduannya di sini!

Apa itu Website Toko Online?

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara membuatnya, sudah tahukah Anda apa itu website toko online dan perbedaannya dengan marketplace maupun website katalog produk?

Jadi, website toko online adalah website yang menjual produk dan bisa melangsungkan transaksi di dalamnya. Sama seperti toko offline biasanya, hanya saja di sini semuanya berlangsung secara online melalui internet.

Lalu, perbedaannya dengan marketplace adalah marketplace merupakan wadah untuk berjualan dan terdiri dari banyak penjual, sedangkan website toko online hanya memiliki satu penjual yakni Anda sendiri.

Website toko online juga berbeda dari website katalog produk. Di mana website katalog produk tidak memiliki tombol CTA (call-to-action) untuk melakukan pembelian seperti tombol “Tambah ke Keranjang” dan tombol “Beli”. Sehingga, website katalog produk tidak bisa menjalankan transaksi apapun layaknya website toko online.

Cara Membuat Website Toko Online Sendiri Dengan Mudah

website toko online zyro
Tahukah Anda jika website dapat dikembangkan tanpa coding? Yup, terbukti dari cara membuat website toko online yang cukup praktis berikut, siapapun bisa melakukannya termasuk para pemula.

1. Memilih Penyedia Jasa Web Builder

Buat website toko online tidak harus mengerti tentang pemrograman. Sebab, dengan penyedia jasa web builder, semuanya bisa teratasi. Pertama-tama, Anda hanya perlu memilih paket pembuatan toko online yang sesuai dengan budget dan kebutuhan toko.

2.Tentukan Nama Domain untuk Toko Online

Cara membuat website toko online yang selanjutnya adalah menentukan nama domain. Nama domain memiliki peran penting karena menjadi bagian dari branding. Pilih nama domain yang sesuai dengan tema toko, relevan dengan produk jualan, unik, singkat dan menarik.

Sangat direkomendasikan bagi Anda untuk menggunakan keyword (kata kunci) sebagai nama domain sehingga konsumen bisa lebih mudah menemukannya di Google.

Jika Anda masih bingung bagaimana memilih nama domain yang tepat, berikut ini referensinya. Gabungkan kata kerja + produk jualan seperti “belimainan”, kata kerja + merek produk menjadi “beliqubix”, atau nama merek + nama industri seperti “qubixmainan”.

3. Pilih Template

JIka urusan domain sudah beres, maka Anda bisa melanjutkan cara membuat website toko online yang ketiga yaitu memilih template website. Layanan web builder, contoh Zyro, memiliki lebih dari 100 koleksi desain untuk dipilih. Pastikan Anda menggunakan template yang sesuai dengan tema bisnis Anda, ya!

4. Optimasi Website Toko Online

Langkah terakhir dari cara membuat toko online adalah melakukan optimasi website. Optimasi website dari sisi SEO dan User Experience. Dua hal tersebut sangat penting guna meningkatkan jumlah pengunjung dan mendapatkan loyalitas pengunjung. Beberapa poin yang bisa Anda optimasi adalah:

Tampilan Website (UI/UX)

Buat website toko online Anda menjadi dekstop dan mobile friendly. Mengingat pengguna internet sekarang didominasi oleh mobile user, maka pastikan konsumen bisa mengakses toko dengan nyaman tidak hanya melalui laptop atau PC tapi juga tablet dan smartphone.

Selanjutnya, desain website dengan rapi khususnya di bagian halaman depan agar tidak membingungkan konsumen.

Foto Produk

Foto produk adalah daya tarik calon pembeli, sehingga gunakan foto produk yang menarik dan berkualitas jernih. Foto produk wajib terbebas dari copyright serta berukuran ringan demi meningkatkan nilai SEO website.

Foto berukuran ringan juga menguntungkan bagi website karena dapat ditampilkan lebih cepat (mencegah loading lama).

Permalink

Optimalkan SEO Onpage toko online Anda dengan memanfaatkan keyword pada permalink dan membuat permalink singkat.

Pentingnya Membuat Website Toko Online untuk Bisnis

Sampai di sini, apakah Anda jadi lebih tertarik mencari tahu cara membuat website toko online sendiri? Agar semakin yakin, simak pentingnya website toko online untuk bisnis berikut ini.

1. Hemat Biaya Tempat/Lahan

Biaya sewa tempat tidak menjadi beban saat Anda memutuskan untuk membuka toko online. Apalagi sekarang juga terdapat cara membuat website toko online gratis. Anda pun bisa lebih berhemat dan mengalokasikan dana tersebut ke kepentingan lainnya.

2. Membangun Kesan yang Lebih Profesional

Anda bisa menciptakan kesan bisnis yang lebih profesional dan terpercaya melalui website toko online. Tak hanya itu, web tersebut dapat Anda jadikan sebagai portofolio sebagai daya tarik konsumen hingga calon investor.

3. Bisa Dikunjungi Pelanggan 24 Jam

Dengan buat website toko online, artinya toko Anda bisa dikunjungi oleh pelanggan kapan saja. Berbeda halnya ketika Anda membuka toko offline yang mengharuskan pelanggan datang di jam buka saja. Fitur seperti ini secara tidak langsung dapat meningkatkan penjualan.

4. Bisa Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Tak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak mempelajari cara membuat toko online sendiri dari rumah. Sebab, toko berbasis internet ini mampu memberikan keuntungan bagi bisnis seperti  bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

 

Selain bisa dikunjungi 24/7, toko Anda juga dapat diakses oleh target konsumen di luar daerah hingga luar pulau.  Bahkan, Anda juga bisa menjangkau potensial konsumen di mancanegara dengan bantuan optimasi website menggunakan SEO (Search Engine Optimization).

5. Mudah Membagikan Informasi seputar Produk & Promo

Anda tidak perlu membagikan brosur saat toko Anda memiliki promo. Cukup taruh informasi tersebut di landing page toko online Anda, dan pelanggan pun akan melihat informasi tersebut.

Nah, itulah informasi seputar cara membuat dan pentingnya memiliki website toko online sendiri. Menggunakan jasa penyedia paket website toko online tentunya sangat membantu dan membuat prosesnya menjadi lebih praktis. Yuk buat sekarang!