Realme 9 4G

Realme 9 4G, Smartphone Pertama dengan Kamera 108MP Sensor ISOCELL HM6

Loading

JAKARTA (Independensi com) – Realme 9 4G merupakan tambahan baru dari keluarga realme 9 Series, di mana tercatat sudah ada realme 9 Pro, realme 9 Pro+ dan varian edisi terbatas Free Fire-nya. realme 9 4G datang dengan spesifikasi yang lebih rendah dibandingkan saudaranya, tentunya dengan banderol harga yang juga lebih bawah.

Meski demikian ponsel ini masih membawa ciri khas realme yaitu value yang lebih tinggi dari harganya.

Sebut saja penggunaan layar Super AMOLED 90Hz, baterai 5000mAh dengan pengecasan 33W, dan yang paling wow penggunaan sensor kamera 108MP dan menjadi yang pertama di dunia membawa sensor ISOCELL HM6 dari Samsung. Melihat spesifikasinya, realme 9 4G berpotensi menjadi ponsel dengan kamera terbaik di segmen harganya.

Tapi apakah ponsel ini benar-benar kandidat tepat dengan kamera 108MP yang bisa Anda beli dengan harga di Rp2 jutaan? Mari kita cari tahu di review realme 9 4G bawah ini.

Realme 9 4G datang desain bentuk yang cukup ringkas dengan dimensi 160,2 x 73,3 x 7,99 mm. Bobotnya juga tergolong ringan dengan 178 gram saja. Datang dengan tiga pilihan warna yaitu emas, putih dan hitam, dua warna awal disertai dengan motif yang cukup mencolok yang disebut sebagai Ripple Holographic Effect — terinspirasi dari kilauan gurun pasir.

Kebetulan unit realme 9 4G yang kami pegang merupakan warna hitam yang datang dengan motif lebih kalem yang disebut Hitam Meteor.

Bodi belakang ponsel bukan terbuat dari kaca melainkan polikarbonat namun memiliki kilauan dan permukaan halus layaknya kaca kualitas tinggi. Pada bagian ini juga terdapat modul berisi tiga kamera yang lebih menonjol dari permukaan. Tidak terlupa lampu flash LED di dalam modul dengan kalimat “108MP Camera”.

Bagian atasnya terlihat polos dengan hanya terdapat lubang mikrofon kedua.

Sisi kirinya ada slot untuk dua kartu SIM dan memory card, serta tombol volume, sementara bagian kanannya ada tombol daya. Di bagian depan menyatu dengan layar terdapat kamera selfie punch hole di sisi kiri atas.

Isi boksnya cukup standar dengan unit realme 9 4G, adaptor 33W, kabel USB-C, SIM ejector, panduan penggunaan, dan case pelindung.

Dengan permukaan yang agak doff, bagian bodi ponsel terasa nyaman meski bagian frame berbentuk sudut tegas, ditambah bagian belakang ini tidak begitu meninggalkan sidik jari.

Realme 9 4G datang dengan layar berjenis Super AMOLED 6,4 inci resolusi FHD+ atau 2400×1080 piksel. Terasa spesial, layar ini mendukung refresh rate 90Hz. Lebih detail, panel layar ini memiliki PPI 409, rasio layar ke bodi 90,8%, titik tertinggi kecerahan 1000 nits, dan terlapisi oleh Corning Gorilla Glass 5.

Kombinasi tersebut membuat pengalaman menonton video dan bermain game semakin memuaskan. Selain itu, 360Hz touch sample rate membuat sentuhan dan pergeseran di layar semakin responsif.

Menambah nilainya, layar realme 9 4G ini mendukung sensor detak jantung yang menyatu dengan sensor sidik jari yang ada di layarnya dan bisa ditemukan di menu realme Labs di Pengaturan.

Disinilah letak keistimewaan utama realme 9 4G. Ponsel ini disematkan konfigurasi 108MP Triple Camera canggih yang terdiri dari kamera utama 108MP Prolight Camera didukung oleh sensor Samsung ISOCELL HM6, lensa super-wide, dan lensa makro. Sementara kamera depannya beresolusi 16MP.

Realme mengatakan bahwa kamera ini mengusung teknologi Nonapixel Plus, teknologi yang menggabungkan 9 piksel menjadi satu guna menciptakan sensitivitas cahaya redup dan pengendalian noise lebih baik, dan mampu menghasilkan pemotretan malam hari yang baik.

Selain itu kamera ini dilengkapi dengan PDAF, tingkat akurasi fokus sensor ISOCELL HM6 sendiri 9 kali lebih tinggi dari generasi sebelumnya, HM2. Dengan fitur tersebut, mampu membuat fokus lebih cepat dan mempermudah pengambilan foto untuk hasil yang lebih jelas dan detail.

Kamera utamanya layak dikatakan mumpuni karena menghasilkan foto yang memuaskan meski hanya dengan mode normal dan pengaturan default.

Realme 9 juga fitur memiliki Street photography Mode 2.0. Fitur Street Photography Mode 2.0 mendapat pembaruan seperti filter Peak & Zoom dan Pop 90-an.

Selain itu kamera ini dilengkapi dengan PDAF, tingkat akurasi fokus sensor ISOCELL HM6 sendiri 9 kali lebih tinggi dari generasi sebelumnya, HM2. Dengan fitur tersebut, mampu membuat fokus lebih cepat dan mempermudah pengambilan foto untuk hasil yang lebih jelas dan detail.

Kamera utamanya layak dikatakan mumpuni karena menghasilkan foto yang memuaskan meski hanya dengan mode normal dan pengaturan default.

Realme 9 juga fitur memiliki Street photography Mode 2.0. Fitur Street Photography Mode 2.0 mendapat pembaruan seperti filter Peak & Zoom dan Pop 90-an.

Performa

Realme 9 ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 680 dengan proses fabrikasi 6nm yang tercanggih di kelasnya. Dengan chip Qualcomm 4G baru, dikatakan sanggup meningkatkan performa smartphone ketika bermain game dan kegiatan lainnya, namun mungkin dengan tingkat grafis yang tidak rata kanan. Smartphone ini juga hadir dengan opsi penyimpanan RAM 6/8GB dan ROM 128GB. Ponsel menjalankan realme UI 3.0 berbasis Android 12.

Kami mencoba tes seberapa kuat prosesor Qualcomm itu dengan aplikasi benchmark AnTuTu v.9.3.5. Di atas kertas, skor AnTuTu realme 9 4G terlihat cukup baik dengan 284.998 poin.

Baterai

Realme 9 4G memiliki kapasitas baterai 5.000mAh dengan dukungan 33W Dart Charge. Kapasitas ini di atas kertas sudah menjanjikan untuk menyuplai tenaga ke ponsel untuk seharian beraktivitas, dan begitulah adanya. Bahkan realme memberi perbandingan bahwa realme 9 4G mampu bertahan hingga 48 jam untuk panggilan telepon dan 18 jam untuk video.

Dengan baterai besar berkapasitas 5000mAh ditambah fitur 33W Dart Charge, daya smartphone dapat terisi penuh 50% hanya dalam waktu 31 menit menggunakan adaptor bawaan.

Setelah penjabaran yang telah diberikan, kami merasa realme 9 4G merupakan ponsel Rp 2 jutaan yang solid secara keseluruhan, tidak hanya dalam hal kamera. Desainnya yang cantik juga bisa digunakan oleh semua kalangan, material serta pengalaman penggegaman yang baik sendiri sudah menjadi nilai plus.

Belum lagi layarnya yang memanjakan mata dengan kecerahan dan warna kontras khas panel Super AMOLED serta kemampuan refresh rate 90Hz yang menyajikan visual gerakan halus baik untuk menonton video atau bermain game.

Kamera 108MP dengan sensor HM6 memang menjadi pembeda ponsel ini dengan para pesaingnya. Mungkin Anda tidak akan selalu menggunakan resolusi maksimalnya, tapi dengan kecerdasan AI dan ragam fitur yang disertai seperti Street Photography 2.0 membuat kegiatan pemotretan terasa mudah dan memuaskan baik itu di siang atau malam hari. realme 9 4G bisa didapatkan salah satunya secara daring di Tokopedia http://bit.ly/realme94Gditokped.