Jalan Tol Cibitung Bekasi-Cilincing Jakarta Utara. (foto antara)

Jalan Tol Cibitung-Cilincing Segera Beroperasi

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Pembangunan Jalan Tol Cibitung Bekasi- Cilincing Jakarta Utara yang membentang sepanjang 34 kilometer, sebagian sudah rampung.

Adapun  jalan bebas hambatan ini nantinya terbagi atas empat seksi. Seksi pertama terdiri atas Simpang Susun (SS) Cibitung–Gabus Indah sepanjang 12,77 kilometer. Kemudian Seksi 2 meliputi Gabus Indah–Muara Bakti sepanjang 6,05 kilometer.

Selanjutnya, Seksi 3 terdiri atas Muara Bakti–Kanal Banjir Timur sepanjang 10,64 kilometer. Sedangkan Seksi 4 mencakup ruas Kanal Banjir Timur-Cilincing sepanjang 4,56 kilometer.

Peresmikan  jalan tol ini, direncanakan oleh Presiden Joko Widodo Juni 2022  mendatang. Terkait hal itu,  Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan, Senin (30/5/2022) meninjau Gerbang Tol Gabus Cibitung-Cilincing di Desa Srijaya Kecamatan Tambun Utara Kabupaten Bekasi. Gerbang tol ini, direncanakan menjadi tempat peresmian nanti.

Seperti diberitakan sebelumnya, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) menargetkan Jalan Tol Cibitung-Cilincing segera beroperasi untuk seksi I, II, dan III.

“Bulan depan untuk Seksi 1, 2, dan 3 akan diresmikan Presiden. Ini adalah salah satu proses percepatan pasca merger,” ,ujar Wakil Direktur Utama Pelindo Hambra di Museum Maritim, beberapa waktu lalu.

Ruas Jalan Tol Cibitung-Cilincing akan melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek yang telah memiliki jalan tol lingkar dalam kota dan lingkar luar (Jakarta Outer Ring Road atau JORR) I. JORR I sudah operasional, sedangkan JORR-2 tengah memasuki proses konstruksi.

Jalan tol baru ini bakal mendukung akses logistik menuju Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara hingga kawasan industri di sekitarnya. Jalan tol juga akan terhubung dengan Jalan Tol Cimanggis–Cibitung. (Berbagai sumber/jonder sihotang)