Foto : Justin Lerschai Thamtong, warga negara Thailand usai mengucapkan dua kalimat syahadat di Masjid Agung Maulana Malik Ibrahim Gresik, Jawa Timur, sebagai pertanda memeluk agama Islam.

Tertarik Nuansa Islami Gresik, Seorang Warga Thailand Putuskan Jadi Muallaf

GRESIK (Independensi.com) – Seorang warga negara Thailand, Justin Lerschai Thamtong, mendatangi Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Gresik, Jawa Timur, guna meminta bimbingan untuk mengucapkan dua kalimat syahadat sebagai syarat memeluk agama Islam.

Prosesi pengislaman warga negeri gajah itu, dalam melafadzkan (mengucapkan) dua kalimat syahadat dibimbing langsung oleh KH. A. Fathoni Abdussyukur salah seorang pengurus MUI Gresik di Masjid Agung Maulana Malik Ibrahim Gresik, pada Senin (4/7) siang.

Istimewanya momen sakral tersebut, selain disaksikan sejumlah pihak juga  langsung dihadiri oleh Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani yang juga memberikan hadiah berupa kitab suci Al Qur’an sebagai bentuk apresiasi dan dukungan.

“Prosesi muallafnya saudara kita Justin ini, sungguh hal yang sangat istimewah. Karena, niatannya untuk memeluk agama Islam adalah sebuah hidayah dari Allah SWT. Maka telah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk membimbing dan mengajarkan saudara kita ini agar semakin mantab dengan keyakinannya,” ungkap Gus Yani sapaan akrab Bupati Gresik.

“Dengan Al Qur’an ini, semoga beliau (Justin) yang sudah menjadi muallaf bisa lebih memahami tata cara beribadah sesuai syariat islam dan mengetahui apa saja yang dalam ajaran agama islam,” ujarnya.

Ia menambahkan, dipilihnya Al-Quran sebagai hadiah yang diberikan kepada Justin. Karena, akan lebih bermanfaat  sebagai panduan dan tuntunan agar kian mendalam dalam memahami Islam.

Foto: Justin Lerschai Thamtong bersama Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani.

“Sengaja saya hadiahkan sebuah kitab suci Al-Quran ini supaya menjadi tuntunan saudara kita (Justin) dalam memeluk agama Islam. Sebab, manfaat yang terkandung dalam Al Qur’an sungguh luar biasa dan tak bisa dibandingkan dengan nilai apapun,” tegasnya.

Sementara, KH. A. Fathoni Abdussyukur mengucapkan rasa syukurnya yang tak terhingga dan juga senang. Karena, ada seseorang yang memperoleh hidayah dari Allah SWT dengan dibukakan pintu hatinya untuk memahami Islam hingga menjadikannya sebagai agama pilihannya.

“Alhamdulillah, hari ini saudara kita Justin Lerschai Thamtong sudah sah  menjadi orang Islam (muslim). Setelah mengucapkan dua kalimat syahadat dengan disaksikan banyak orang, salah satunya Bupati Gresik,” tuturnya.

“Ketertarikan Justin akan Islam, setelah dirinya mempelajarinya dari calon istrinya. Sehingga ia (Justin) terus mengali informasi tentang Islam, hingga mememutuskan untuk masuk Islam,” tukasnya.

Calon istri Justin lanjut Abdussyukur merupakan orang Gresik, daerah yang sangat kental dengan suasana religius yang sangat Islami.

“Salah satu yang menjadikan saudara Justin ini semakin dengan Islam, karena juga faktor nuansa Islami yang begitu kental dan kuat di Gresik. Sebab, di Gresik kegiatan Islami setiap saat bisa dijumpai dimanapun,” tandasnya.

“Semoga keyakinan saudara Justin bisa terus mengakar dihatinya, sehingga bisa menjadi seorang muslim yang taat dalam menjalankan kewajibannya dengan baik dan benar. Tentunya dengan bimbingan orang-orang terdekatnya maupun kita sebagai sesama saudara seiman,” pungkasnya. (Mor)

Leave a Reply

Your email address will not be published.