Abdy Yuhana : Penggabungan Depok ke Jakarta Bukan Solusi Tepat

BANDUNG (Independensi)- Anggota DPRD Jawa Barat Abdy Yuhana, merasa heran dengan pernyataan Wali Kota Depok, Mohammad Idris yang mengusulkan Depok bergabung ke Jakarta.

Abdy Yuhana merasa heran karena usulan penggabungan Kota Depok ke Jakarta tersebut merupakan wacana lama, yang tiba-tiba sekarang kembali muncul di pertengahan tahun politik.

Menurut Abdy Yuhana, dahulu sebelum disampaikan oleh Mohammad Idris, sempat muncul wacana penggabungan Kota Depok ke Jakarta yang disebut dengan Jakarta Megapolitan.

Namun seiring dengan perkembangan waktu , wacana penggabungan Kota Depok ke Jakarta tersebut mereda dengan sendirinya.

“Entah kenapa wacana penggabungan Kota Depok ke Jakarta muncul lagi saat ini. Ini wacana lama yang kembali diusulkan,” tutur Abdy Yuhana di Bandung, Sabtu,23 Juli 2022.

Lebih lanjut, Politisi PDI Perjuangan itu menjelaskan, sebenarnya penggabungan Kota Depok ke Jakarta bukanlah solusi tepat untuk berbagai masalah yang dihadapi Depok saat ini, seperti banjir yang sempat dikeluhkan oleh Mohammad Idris.

Hal itu pun berlaku bukan hanya bagi Kota Depok, tapi bagi semua wilayah penyangga DKI Jakarta yang mungkin saja mewacanakan bergabung ke DKI Jakarta.

“Kalau ada keinginan bergabung dengan Jakarta demi peningkatan layanan, kesejahteraan dan alasan lainnya, itu bukanlah solusi tepat,” kata Abdy.

Abdy justru menilai hal yang paling mendesak bagi Jawa Barat adalah daerah-daerah yang secara geografis dan demografis luas dan besar seharusnya segera dimekarkan.

“Sebenarnya yang paling mendesak bagi Jabar itu pemekaran untuk daerah-daerah yang secara geografis dan demografis luas dan besar,” tegas dia. (Hiski Darmayana)