Abidin Fikri : Empat Pilar Kebangsaan Harus Intensif Disosialisasikan

Loading

YOGYAKARTA (Independensi)-Anggota MPR RI, Abidin Fikri menggelar sosialisasi empat pilar MPR RI bersama Perkumpulan Inklunesia Yogyakarta, Selasa (2/8/2022) di Balai Serbaguna Bausasran, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta.

Sosialisasi ini dilakukan untuk menguatkan pemahaman wawasan kebangsaan.

Abidin Fikri memaparkan empat pilar MPR RI, yaitu Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD Tahun 1945 sebagai konstitusi negara, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Menurut Abidin Fikri, tiap agenda yang menumbuhkan kesadaran bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang berdasarkan nilai-nilai empat pilar MPR RI harus diapresiasi.

“Konsepsi kebangsaan dan kenegaraan yang berkaitan dengan dasar negara, konstitusi negara, bentuk negara dan wawasan kebangsaan yang sesuai dengan karakter dan jatidiri ke-Indonesia-an yang terbukti tetap relevan hingga era kekinian harus terus intensif disosialisasikan kepada masyarakat luas,” papar Abidin Fikri di hadapan ratusan peserta sosialisasi.

Lebih lanjut, Abidin Fikri menjelaskan bahwa, dalam perjuangan mengukuhkan konsepsi bersama demi keberlangsungan suatu bangsa maka diperlukan gotong royong dari semua kalangan.

Seluruh komponen bangsa juga diharapkan dapat meneladani pendiri bangsa Indonesia, Bung Karno yang bahkan memperkenalkan Pancasila pada dunia dalam pidatonya di Majelis Umum PBB ke-15 di New York, Amerika Serikat pada 30 September 1960.

“Untuk itu kita generasi penerus bangsa ini harus bersyukur karena tonggak-tonggak tantangan dan fondasi perjuangan telah dicanangkan para pendiri bangsa, kemudian saat ini tugas sejarah kita adalah meneruskan pelaksanaan Pancasila di berbagai bidang kehidupan, baik bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” jelas Abidin Fikri yang juga Anggota Komisi IX DPR RI itu. (Hiski Darmayana)