Foto : Lima siswa-siswi SMP Negeri 3 Gresik, Jawa Timur, bersama guru pembinanya saat hendak diberangkatkan ke Cibubur, untuk mengikuti kegiatan Jambore Nasional Pramuka ke XI 2022

Luar Biasa, Lima Siswa-Siswi SMP Negeri 3 Gresik Berangkat ke Cibubur Mengikuti Jombore Nasional Pramuka ke XI

GRESIK (Independensi.com) – Sebanyak 5 siswa-siswi SMP Negeri 3 Gresik, Jawa Timur, berhasil masuk dalam kotingen anggota Pramuka yang diberangkatkan ke Bumi Perkemahan Cibubur, untuk mengikuti kegiatan Jambore Nasional Pramuka ke XI tahun 2022.

Kelima siswa-siswi SMPN 3 Gresik itu yakni, Lordio Firstyan Aurelius, Muhammad Rafly Hidayat, Muhammad Rafif Fairuz Al Huda, Maulina Dwi Putri Handani dan Abdilla AZ Zahra.

Kepala SMPN 3 Gresik Chamdan mengatakan lima siswa-siswi disekolah yang dipimpinnya itu, telah menjalani serangkaian seleksi sebelum diberangkatkan ke kegiatan Jambore Nasional Pramuka di Cibubur.

“Gerakan Pramuka memiliki peranan besar dalam pembentukan kepribadian generasi muda, sebab saat ini banyak peristiwa yang terjadi yang dapat memerosotkan akhlak atau kepribadian anak-anak muda. Akibat, salah pergaulan ataupun pengaruh lingkungan,” ujarnya, Jumat (12/8).

“Kami berharap ikut sertanya anak-anak dalam kegiatan Jambore Nasional itu, bisa mendidik mereka menjadi lebih baik. Terutama dalam hal sikap dan mental, serta secara fisik mudah-mudahan anak-anak menjadi kuat, sehat, berwawasan luas dan terhindar dari kegiatan negatif,” tuturnya.

Chamdan menambahkan bahwa, pihak sekolah selama ini sangat mensupport para siswa-siswi tersebut yang konsen dalam kegiatan Pramuka agar bisa lolos dan mengikuti Jambore Nasional XI tahun 2022 ini.

“Sejak pendaftaran hingga keberangkatan anak-anak menuju Cibubur, sekolah telah mensupport biaya untuk keperluan mereka. Bahkan, orang tua mereka juga melakukan hal yang sama demi satu tujuan mewujudkan keinginan mereka,” ungkapnya.

“Melalui kegiatan Pramuka yang selama ini diikutinya, tentu membawa dampak positif bagi mereka untuk menjadi anak yang tangguh, kuat, tegas dan tentu memiliki sikap disiplin yang tinggi,” sambungnya.

Yang lebih penting, lanjut Hamdan apa yang dilakukan anak didiknya mampu membuahkan hal yang membanggakan. Serta, anak didiknya bisa menuai reword baik dari kegiatan yang diikuti maupun dari Pemerintah Kabupaten Gresik. Karena, telah membawa nama Gresik di kancah nasional.

“Semoga, kedepan anak-anak kami itu bisa terus melanjutkan visi dan misinya akan kecintaannya pada dunia Pramuka dijenjang yang lebih tinggi,” tandasnya.

Sementara, Muhammad Rafly Hidayat salah seorang siswa SMPN 3 Gresik yang ikut dalam Jambore Nasional XI mengaku senang bisa terlibat langsung dalam event besar lima tuhanan itu.

“Saya sangat bahagia dan bangga bisa ikut serta dalam Jambore Nasional ini, sebab untuk bisa tembus mengikuti kegiatan ini tidaklah mudah. Harus, bisa lolos seleksi demi seleksi sehingga dibutuhkan perjuangan yang panjang dan melelahkan,” tegas siswa kelas 9 ini dengan nada semangat.

Senada juga disampaikan Muhammad Rafif Fairuz Al Huda salah seorang siswa SMPN 3 Gresik lainnya yang juga ikut dalam Jambore Pramuka XI di Cibubur.

“Bangga sekali saya bisa ikutserta dalam Jambore Nasional XI, apalagi ini pengalaman pertama dan sangat berharga bagi saya. Ditambah lagi saya dipilih sebagai Ketua Regu, tentu harus bisa memikul tanggungjawab baik demi untuk yang terbaik,” katanya.

Ditanya kenapa dirinya menyukai kegiatan Pramuka dan ingin mengikuti Jambore Pramuka ke XI tahun 2022, Rafi sapaan akrab Muhammad Rafif Fairuz Al Huda mengaku awal hanya iseng.

“Pertama sih iseng aja, tapi lama-lama kegiatan Pramuka itu menyenangkan. Mulai, kegiatan perkemahannya maupun kegiatan membangun kedisiplinan yang selalu diterapkan. Sehingga, membuat saya ingin mendalaminya dan akhirnya saat ini berkesempatan mengikuti kegiatan besar Jambore Pramuka ini,” terangnya.

“Dengan mengikuti Pramuka, membuat diri saya menjadi bisa disiplin akan waktu dan memiliki solidaritas tinggi terhadap teman. Karena, di Pramuka saya dibina untuk menjadi pribadi yang kuat dan tangguh serta harus disiplin,” tukasnya.

“Semoga keberhasilan saya dan teman-teman lain dari SMPN 3 Gresik yang mengikuti Jambore Nasional Pramuka XI ini, bisa menjadi contoh bagi yang lain dan khususnya teman-teman di sekolah,” pungkasnya.

Sebagai tambahan bahwa kegiatan Jambore Nasional Pramuka ke XI tahun 2022 yang berlangsung di Bumi Perkemahan Cibubur akan dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Bakal berlangsung selama 11 hari, dimulai 12-22 Agustus 2022 yang diikuti oleh seluruh anggota Pramuka Pengalang se Indonesia. (Mor)

Leave a Reply

Your email address will not be published.