Tata Ruang Diabaikan, Banjir Landa Perumahan Pinus 3 Ciomas

Loading

BOGOR (Independensi)- Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan banjir melanda Perumahan Pinus 3 dan sekitarnya di Desa Sukamakmur, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, pada Selasa 11 Oktober 2022.

Banjir terutama melanda kawasan Blok L, M dan N Cluster Cenderawasih, yang mendapat limpahan air dari sekitar perumahan Ciomas Hills yang berlokasi diatas Pinus 3.

Dari tiga blok itu, air mengalir deras ke blok-blok lainnya di Perumahan Pinus 3.

Ketua RT 05 Perumahan Pinus 3, Harumanis, menyatakan, musibah banjir ini bukan kali ini saja melanda Pinus 3.

“Telah berkali-kali perumahan kami dilanda banjir, dan sudah berkali-kali juga kami mengadu ke pihak Desa atau Kelurahan agar banjir ini ditangani, tapi belum ada hasilnya,” ujar Harumanis.

Harumanis melanjutkan, warga Pinus 3 terakhir kali bertemu pihak Kantor Desa Sukamakmur untuk membicarakan penanganan banjir pada 20 September 2022.

Namun, ternyata hasil yang menentramkan hidup warga Pinus 3 belum terwujud. Terbukti, pada Selasa 11 Oktober, banjir kembali terjadi.

Harumanis mengungkapkan, sudah lama warga Pinus 3 menduga, banjir yang melanda perumahannya terkait dengan pembangunan Perumahan Ciomas Hills oleh PT. Bumi Makmur Lestari.

Ada dugaan pengabaian terhadap tata ruang dalam pembangunan tersebut, sehingga menyebabkan kerusakan lingkungan yang berdampak buruk pada Perumahan Pinus 3 dan sekitarnya.

“Kami warga Pinus 3 meminta seluruh pihak berwenang yang terkait, untuk serius mencegah terulangnya banjir ini, sebelum terjadi hal yang lebih buruk lagi,” tegas Harumanis.