Ribuan Santri Ikuti Kirab Agung Santri Nuswantara di Kota Cirebon

Loading

CIREBON (IndependensI.com) – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2022 yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2022, Kementerian Agama Kota Cirebon menyelenggarakan kirab Agung Santri Nuswantara, Sabtu (23/10).

Peserta kirab berjalan star dari Balaikota Cirebon hingga finish di Markas Besar Laskar Agung Macan Ali Nuswantara. Kegiatan kirab santri ini diikuti ribuan peserta yang berasal dari puluhan pondok pesantren, TPA/TPQ, dan pondok Tahfizh. Terpantau, kegiatan kirab santri berjalan lancar dan mendapat pengawalan patroli dari laskar Agung Macan Ali dan Polres Cirebon Kota.

Walikota Cirebon Nasrudin Azis membacakan sambutan dari Kementrian Agama terkait hari santri tingkat Nasional diantaranya Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri.

Penetapan 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi Jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan.

Kirab Agung Santri Nuswantara dilepas secara langsung oleh wakil walikota Eti Herawati yang didampingi Sekretaris Daerah Kota Cirebon Agus Mulyadi beserta Forkopimda Kota Cirebon.

Dalam kirab Agung Santri Nuswantara di Kota Cirebon dipimpin Padepokan Nursejati Ustad Mahesa Jenar  dan diikuti ribuan santri dari berbagi wilayah di Kota Cirebon.

Perjalanan kirab Agung Santri Nuswantara di kota Cirebon berjalan dengan lancar dan sampai ke finish yang berada di Markas besar Laskar Macan Ali dan melakukan doa hari santri tahun 2022 di masjid Agung Sang Cipta Rasa.