Daftar Negara Binance Menerima Lisensi di Tahun 2022

Daftar Negara Binance Menerima Lisensi di Tahun 2022

Loading

JAKARTA (Independensi.com)- Binance telah memperluas operasinya di berbagai bagian lain di dunia, seperti Timur Tengah dan Eropa baru-baru ini. Terlepas dari bear market pada tahun 2022, pemerintah dari beberapa negara telah memberikan Binance, bursa kripto terbesar berdasarkan volume, lisensi untuk beroperasi di negara mereka.

Daftar negara tempat Binance mendapatkan persetujuan operasional di tahun 2022. Berikut daftar negara yang memberikan Binance Lisensi pada tahun 2022:

Prancis

Pemerintah Prancis memberikan Binance lisensi 2022 pertamanya. Tim Binance mengumumkan bahwa pada 5 Mei 2022, Binance France “menerima registrasi sebagai Penyedia Layanan Aset Digital (DASP) oleh Autorité des marchés financiers (AMF) dengan persetujuan dari Autorité de Contrôle Prudentiel et de Résolution (ACPR). ”

Ini adalah pertama kalinya perusahaan kripto mendapat lisensi untuk beroperasi di negara Eropa. AMF dan ACPR adalah organisasi di Prancis yang mengatur pasar keuangan Prancis dan memantau “bank dan perusahaan asuransi”. Izin tersebut menjadikan Binance France sebagai badan hukum di Prancis, ujar Tim Binance.

CEO Binance France, David Princay, mengatakan bahwa pendaftaran ini akan membuka Eropa ke pasar kripto karena “adopsi akan membantu membawa likuiditas yang lebih baik ke pasar.”

Bahrain

Setelah Prancis membuka pintunya untuk Binance, Bahrain adalah perhentian berikutnya. Pada 24 Mei 2022, Binance Bahrain “menerima lisensi Kategori 4 sebagai penyedia layanan aset kripto (CASP) dari Bank Sentral Bahrain (CBB),” sebagaimana dipaparkan di situs webnya.

Sebagaimana ditulis dalam pengumuman, lisensi diberikan oleh Bank Sentral Bahrain, yang “mengelola stabilitas moneter dan keuangan di Kerajaan Bahrain dan menggantikan Badan Moneter Bahrain (BMA)”. Lisensi Kategori 4 ini adalah yang pertama diberikan untuk perusahaan kripto di Bahrain.

Richard Teng, Kepala MENA di Binance, mengatakan bahwa peningkatan lisensi yang dikeluarkan untuk Binance “merupakan pencapaian penting bagi Binance” dan komitmen untuk menjadi “bursa yang mengutamakan kepatuhan.”

Italia

Binance Italy menerima persetujuan regulasi oleh pemerintah Italia untuk beroperasi di negara tersebut. Diberikan pada 27 Mei 2022, persetujuan ini menjadikan Binance Italy “Penyedia Layanan Mata Uang Kripto dengan ‘Organismo Agenti e Mediatori’ (OAM).”

Lisensi yang disetujui oleh legislator Italia ini menghadirkan akses ke layanan dan produk kripto untuk warga Italia. Binance diberi mandat untuk “beroperasi sesuai dengan peraturan lokal terkait mata uang kripto,” ungkap laporan terkait.

CZ, CEO, berterima kasih kepada otoritas Italia atas “upaya mereka dalam mendefinisikan dan mengendalikan persyaratan untuk beroperasi di Italia dengan transparansi penuh.” Pengguna adalah perhatian utama kami, dan langkah-langkah yang diambil di Italia, seperti penerapan registrasi, menjamin keamanan pengguna, tambahnya.

Spanyol

Spanyol menjadi negara Eropa ketiga yang mengizinkan Binance beroperasi secara legal di negara tersebut. Binance mengumumkan bahwa anak perusahaan Binance Spanish, Moon Tech Spain, S.L., menerima “registrasi sebagai Penyedia Layanan Aset Virtual (VASP)” pada 7 Juli 2022, oleh Bank of Spain. Prosesnya sendiri dimulai dengan dikirimkannya permohonan pada 28 Januari 2022.

Pengumuman tersebut menyatakan bahwa warga Spanyol kini dapat mengakses “bursa aset kripto dan layanan kustodi di Spanyol” sesuai dengan aturan anti pencucian uang dan pendanaan kontra-teroris (AML/CTF) yang ditetapkan oleh Bank Sentral.

Quim Giralt, Direktur Binance Spain, menjelaskan bahwa izin tersebut memperluas tim dan operasi Binance ke Spanyol seiring mereka mempekerjakan talenta lokal untuk melayani pengguna Spanyol.

Selandia Baru

Binance secara resmi meluncurkan Binance New Zealand setelah menerima lisensi sebagai Penyedia Layanan Keuangan pada 10 September 2022. Binance New Zealand, dengan nomor registrasi FSP nomor FSP1003864, akan menyediakan beberapa layanan seperti perdagangan spot, NFT, staking, dan banyak lagi.

Meskipun Selandia Baru kelihatannya tidak menarik begitu banyak perhatian teknologi, kehadiran Binance akan memberi warga Selandia Baru akses ke biaya perdagangan yang menguntungkan dan “inovasi produk dan layanan global yang menarik yang ada di ruang ini,” ujar Ben Rose, General Manager Binance New Selandia.

Dubai

Dubai menjadi lokasi berikutnya di Timur Tengah di mana Binance menerima lisensi untuk beroperasi setelah Bahrain. Pada 20 September 2022, Virtual Asset Regulatory Authority (VARA) Dubai mengeluarkan lisensi Minimal Viable Product (MVP) untuk Binance, tulis tim Binance di sebuah blog. Perkembangan ini diraih setelah Binance menerima lisensi sementara pada Maret 2022.

Pengumuman tersebut menyatakan bahwa layanan yang akan ditawarkan Binance dalam kemitraan dengan bank di Dubai mencakup:

Layanan bursa aset virtual

Konversi antara aset virtual dan mata uang fiat

Transfer aset virtual

Kustodi dan pengelolaan aset virtual

Penawaran token virtual dan layanan perdagangan

Pembayaran aset virtual dan layanan pengiriman uang.

Yang Mulia Helal Saeed Almarri, Ketua VARA, berkomentar bahwa lisensi yang diberikan kepada Binance sejalan dengan komitmen Dubai terhadap penciptaan nilai, dan manajemen risiko dalam mengembangkan “ekosistem aman generasi berikutnya” untuk ekonomi masa depan.

Kazakhstan

Pada 6 Oktober 2022, Binance mengumumkan penerimaan lisensi operasi di Kazakhstan. Otoritas Jasa Keuangan AIFC (AFSA) di Kazakhstan mengizinkan Binance “untuk mengoperasikan platform aset digital dan menyediakan layanan kustodian di Pusat Keuangan Internasional Astana,” kata tim Binance.

Pengumuman tersebut menyatakan bahwa lisensi memungkinkan individu dan entitas untuk mengakses layanan bursa dan konversi serta melakukan penyetoran, penarikan, dan perdagangan dengan transaksi fiat-kripto. Semua kegiatan akan dilakukan sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh pihak berwenang.