(Foto dari by tirachardz di Freepik)

Faktor Utama yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Tas Ransel

JAKARTA (IndependensI.com)Tas ransel pria adalah tas yang sangat serbaguna yang memungkinkan Anda untuk membawa perlengkapan berkemah atau kegiatan hiking, buku pelajaran, kebutuhan kerja, dan barang-barang pribadi Anda saat pergi berlibur. Mengetahui cara memilih ransel dapat menghemat banyak frustasi dan uang, yang mungkin Anda buang untuk tas yang kurang ideal.

Jadi, apa yang membuat sebuah tas ransel ideal? Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi agar tas ransel pilihan Anda menjadi paket teman perjalanan terbaik Anda.

 Ukuran

Pilih ransel yang mempunyai ukuran proporsional dengan tubuh Anda, yaitu tidak terlalu besar atau terlalu kecil untuk Anda. Terlebih lagi, pastikan tas ransel tersebut nyaman dipakai untuk pemakaian waktu yang lama. Ransel yang sempurna harus dapat berfungsi ganda sebagai ransel perjalanan dan ransel sehari atau ransel kerja.

Namun, ada ransel khusus aktivitas yang hampir tidak seharusnya menjadi “tas serbaguna”. Anda tidak boleh mengubah ransel hiking menjadi ransel perjalanan atau ransel sehari-hari dan sebaliknya. Bedanya ukuran, bahan, kurangnya kompartemen, dan aspek lainnya dari setiap ransel sudah didesain sedemikian rupa memenuhi tujuannya.

Jika Anda lebih suka perjalanan yang simpel dan praktis, mengganti koper beroda dengan ransel memiliki banyak keuntungan, termasuk kebebasan bergerak, risiko hilang atau dicuri lebih rendah, dan beban lebih ringan. Selain itu, ransel akan memaksa Anda untuk hanya mengemas barang-barang penting saat bepergian dan dapat digunakan sebagai barang bawaan jika memenuhi persyaratan ukuran barang bawaan maskapai penerbangan.

Pastikan ransel cukup besar untuk memuat semua perlengkapan Anda dan cukup kecil untuk Anda bawa dengan mudah dan agar dapat memenuhi sebagian besar persyaratan ukuran barang bawaan maskapai jika Anda sering bepergian dengan pesawat.

Bantalan Empuk dan Tali

Carilah tas ransel yang nyaman dipakai meski harus membawa beban berat. Ransel perjalanan yang baik harus dilengkapi dengan bahu empuk, punggung empuk, dan sabuk pinggul empuk yang bisa disesuaikan.

Tas ransel harian atau tas kerja sebaiknya dipastikan bahwa beban didistribusikan secara merata ke seluruh tubuh Anda. Alih-alih menekan bahu dan pinggul Anda lalu memicu beberapa masalah punggung yang buruk.

Jumlah Kompartemen

Tas ransel yang bagus adalah tas yang memiliki banyak kompartemen untuk mengatur perlengkapan Anda. Jika dibandingkan dengan ransel sehari-hari dan ransel perjalanan, ransel hiking biasanya tidak memiliki terlalu banyak kompartemen. Hal ini karena mereka biasanya dirancang untuk memberikan ruang yang sekaligus besar untuk menyimpan semua barang-barang Anda tanpa terlalu banyaknya kompartemen.

Tas ransel yang bagus juga memiliki kompartemen ekstra untuk memisahkan sepatu, perlengkapan mandi, pakaian kotor, dan cucian bersih. Itu juga harus dilengkapi dengan kompartemen depan untuk memudahkan akses ke barang-barang penting Anda saat bepergian.

Di samping kompartemen utama yang luas, tas ransel yang ideal juga harus memiliki panel organisasi di bagian depan, yang harus menyertakan klip kunci dan banyak slot untuk ponsel, kartu, pena, obat-obatan, dan lainnya.

Kompartemen Khusus Laptop

Tas ransel kerja atau ransel sekolah membutuhkan kompartemen laptop yang empuk. Bahkan tas ransel perjalanan pun membutuhkannya jika Anda berencana melakukan perjalanan bisnis atau tidak dapat hidup tanpa laptop kesayangan Anda. Sebagai bonus tambahan, kompartemen laptop harus dirancang sedemikian rupa sehingga laptop tetap tersuspensi untuk mencegahnya secara tidak sengaja menyentuh aspal saat pemiliknya tidak memperhatikan.

Kompartemen laptop dapat berfungsi ganda sebagai pelindung hidrasi jika Anda berencana menggunakan paket di jalan. Juga, kompartemennya berguna saat melewati keamanan bandara karena laptop dengan lengan empuk tidak perlu dikeluarkan dari kemasannya. Untuk tas ransel kerja atau tas sehari-hari, Anda bisa membeli tas ransel yang menawarkan kompartemen untuk ukuran laptop 15″.

Kantong Eksternal (Opsional)

Fitur tambahan apapun merupakan nilai tambah yang besar untuk ransel selama tetap berguna. Untuk barang-barang yang sangat kecil seperti koin, pulpen, dan makanan ringan, menambahkan kompartemen yang mudah diakses bisa sangat berguna. Selain itu, kantong jaring samping untuk botol air adalah fitur yang bagus untuk dimiliki selama kantong tidak terlalu longgar atau terlalu ketat dan tali pengikat tidak menghalangi akses ke botol air saat di jalan.

Material

Bahan yang digunakan dalam ransel dapat sangat meningkatkan daya tahan dan kemampuannya. Bahan yang keras seperti kanvas membuat tas lebih berat, yang kurang ideal untuk perjalanan jauh atau ekspedisi hiking. Bahan yang lebih ringan tidak akan membebani Anda, tetapi ransel mungkin tidak memiliki struktur atau daya tahan.

Carilah ransel yang bagus yang tidak akan mengecewakan Anda saat berada di kota atau negara asing. Uji coba paket hari jika tidak berbulan-bulan sebelum perjalanan Anda berikutnya. Tas Ransel berkualitas harus bertahan setidaknya beberapa tahun sebelum Anda menggantinya.

Memilih tas ransel adalah pengalaman yang sangat pribadi yang memerlukan banyak pertimbangan. Tetapi begitu Anda menemukan ransel serbaguna yang sempurna, Anda tidak akan pernah harus mencari-cari lagi.

Dapatkan tas ransel yang sesuai dengan semua preferensi yang Anda cari di Blibli! Hanya dengan beberapa klik, Anda bisa memilih dan memesan tas ransel pilihan tanpa harus keluar rumah. Tersedia berbagai macam metode pembayaran untuk mempermudah proses belanja tas online Anda.