Foto : Launching Kampung Zero Waste, oleh PT Pertamina Lubricants di Balai RT 002 RW 005 Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Peduli Persoalan Sampah, PT Pertamina Lubricants Gandeng DLH dan Warga Sidokumpul Bangun Kampung Zero Waste

Loading

GRESIK (Independensi.com) – PT Pertamina Lubricants (PTPL) berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gresik, Jawa Timur, dan LSM Pattiro serta Ecoton secara bersama-sama melakukan kegiatan Launching Kampung Zero Waste. 

Kampung Zero Waste yang digelar Balai RT 002 RW 005 Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik, merupakan program yang berfokus pada pengelolaan sampah yang bertujuan untuk mencapai “0” sampah di lingkungan masyarakat.

Hal ini, selaras dengan Peraturan Daerah Kabupaten Gresik Tahun 2021 Tentang Pengurangan Penggunaan Sampah Plastik Sekali Pakai. Sehingga, diharapkan Program Kampung Zero Waste dapat menjadi percontohan bagi lokasi lainnya untuk bisa mencapai “nol” sampah.

Manager Production Unit Gresik Setyo Nugroho menyampaikan bahwa, Program kampung Zero Waste merupakan program jangka panjang dalam pengelolaan sampah, tidak hanya terkait sarana prasarana yang harus didukung. Namun, juga soal perilaku minim sampah yang harus digalakkan.

“Melalui program ini, harapannya seluruh stakeholder maupun masyarakat terkait terus berkomitmen secara penuh dalam pengurangan sampah,” ujarnya, Senin (28/11).

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gresik Achmad Washil menuturkan untuk mencapai Kampung Zero Waste tentunya komitmen harus dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu yang kemudian dapat ditularkan kepada lainnya.

“Kami harapkan Kampung Zero Waste ini, dapat menjadi contoh dalam pengelolaan sampah, sehingga dapat mengurangi tumpukan sampah yang sudah mencapai batas maksimal di TPA,” katanya.

Sedangkan, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sri Subaidah menyampaikan bahwa RT 002 RW 005 Kelurahan Sidokumpul ini bisa menjadi cikal bakal untuk kampung-kampung lainnya menuju Zero Waste,

“Kampung Zero Waste merupakan sebuah program yang menjadi solusi ditengah masalah penumpukan sampah di TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Melalui program ini, diharapkan dapat mengurangi tumpukan sampah secara signifikan. Dan melalui kolaborasi berbagai pihak, harapannya Kampung Zero Waste ini dapat *menjadi cikal bakal untuk kampung-kampung lain dalam melakukan pengelolaan sampah.” tandasnya.

Kegiatan Launching Kampung Zero Waste dibuka dengan tarian kreasi anak-anak RT 002 RW 005 Kelurahan Sidokumpul. Serta laporan panitia Kampung Zero Waste yang disampaikan oleh Saifudin Efendi selaku RT 002 RW 005 Kelurahan Sidokumpul.

Dilanjutkan dengan penyematan ID Card kepada Tim Penyuluh Zero Waste, kemudian serah terima secara simbolis bantuan PT Pertamina Lubricants kepada RT 02 RW 05 Kelurahan Sidokumpul, dan Pemasangan Biopori secara simbolis.

Acara Launching Kampung Zero Waste juga ikut dihadiri oleh Subhan Amrullah Senior CSR Officer PT Pertamina Lubricants, Arif Wicaksono Camat Gresik, Sulaiman Rasjid Lurah Sidokumpul, serta Masyarakat RT 002 RW 005 Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik.

Dalam kesempatan ini, PTPL menyalurkan bantuan sebanyak *150 biopori (secara bertahap), Tong Komposter 1 unit, Goodybag 100 pcs, dan perlengkapan pendukung lainnya 1 paket.* Yang senada, juga didukung oleh Ecoton dalam edukasi pengelolaan sampah kepada masyarakat, dan Pattiro terkait pendampingan masyarakat.

Program ini selaras dengan program ESG Pertamina dan pilar “Go Sustainable” dan “Go Collaborative”, serta mendukung pencapaian SDGs nomor 11 dan 13 tentang Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan, serta Penanganan Perubahan Iklim. (Mor)