Seleksi Kajati Berkualifikasi Pemantapan Masuki Tahap Penulisan Makalah

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Sejak beberapa hari yang lalu Kejaksaan Agung melakukan serangkaian tahapan seleksi terbuka pengisian Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) berkualifikasi pemantapan Tahun 2022 yang diikuti enam orang peserta.

Sesuai jadwal tahapan seleksi berlanjut pada hari ini Senin (28/11/2022) berupa penulisan makalah dari seluruh peserta bertempat di Gedung Menara Kartika Adhyaksa, Kejaksaan Agung, Jakarta.

“Ya besok (hari ini–Red) tahapannya adalah penulisan makalah dari seluruh peserta,” kata Sekretaris Jaksa Agung Muda Pembinaan (Sesjambin) Mohammad Dofir selaku Ketua Panitia Seleksi Terbuka Kajati Berkualifikasi Pemantapam kepada Independensi.com, Minggu (27/11/2022) malam.

Dia menyebutkan setelah penulisan makalah dilanjutkan dengan tahapan seleksi terakhir berupa wawancara oleh Tim Penilai diketuai Wakil Jaksa Agung Sunarta dengan seluruh peserta.

“Untuk seleksi dengan tahap wawancara akan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 1 Desember 2022,” ucap Dofir mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur ini.

Adapun tahapan seleksi Kajati Berkualifikasi Pemantapan di tujuh Provinsi yaitu Sumatera Utara, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan sudah berlangsung sejak Rabu (23/11/2022).

Dimulai dengan seluruh peserta mengikuti tes kesehatan dan tes kejiwaan atau Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) yang dilakukan tim dokter yang dibentuk berdasarkan Surat Perintah Jaksa Agung Muda Pembinaan.

Tes tersebut meliputi pemeriksaan swab antigen, pemeriksaan laboratorium untuk darah dan urine, EKG (elektrokardiografi), wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan kejiwaan (psikiatri) obyektif.

“MPI dan Millon Clinical Multiaxial Inventory (MCMI) sebagai salah satu pemenuhan persyaratan sehat jasmani dan rohani dari para peserta,” ujar Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana.

Kemudian berlanjut pada hari Kamis (24/11/2022) yaitu seleksi tahap pertama berupa tes tulis potensi dan kompetensi. Sedang seleksi tahap kedua pada hari Jumat (25/11/2022) yaitu Simulasi Kompetisi.

Adapun ke enam peserta seleksi yaitu Kajati Riau Supardi, Kajati Banten Leonard Eben Ezer Simanjuntak, Kajati Sulawesi Tengah Agus Salim, Kajati DI Yogyakarta, Katarina Endang Sarwestri, Direktur Ekonomi dan Keuangan pada JAM Intelijen Imam Wijaya dan Kapusdiklat Teknis Fungsional pada Badiklat Kejaksaan Yulianto.(muj)