Anies Baswedan Orasi Kebangsaan di Pekanbaru, Panggung Ambruk

Loading

Pekanbaru, (Independensi.com) –Insiden serius menerpa acara pertemuan akbar Anies Baswedan. Panggung acara yang digunakan dalam perhelatan rapat akbar calon presiden dihadapan ribuan relawan yang didominasi simpatisan Partai Nasdem Minggu (4/12) di Jl Gajah Mada Pekanbaru, ambruk

Insiden terjadi saat Anies Baswedan menyampaikan pidato kebangsaan di atas panggung yang dihadiri Wakil Gubernur Riau Eddy Natar dan Ketua DPP Partai Nasdem Wylli Aditya. Saat itu Anies menyapa relawan dan masyarakat di sisi kiri dan kanan panggung.

Disaat itulah, relawan dan masyarakat berebutan naik ke panggung untuk menyalami Anies. Pada kesempatan itu, pembawa acara sudah berulang kali menyampaikan lewat pengeras suara, agar sebagian turun, karena kapasitas di atas panggung sudah melebihi.

“Bapak, Ibu, turun ya, jumlah yang ada di panggung ini sudah melebihi, terlalu banyak orang,” kata pembawa acara lewat pengeras suara. Melihat situasi panggung yang terlihat sudah mulai goyang, Wagub Riau Eddy Natar dan Ketua DPP Nasdem Willy Aditya turun dari panggung.

Tak lama berselang pembawa acara memberi peringatan, Anies pun berhenti menyalami masyarakat dan relawan. Anies bersama pengurus Partai Nasdem berencana turun dari panggung sisi kiri. Pada saat itulah, ‘bruuuuk’, panggung sebelah kiri ambruk.

Teriakan histeris terdengar dari belakang panggung, para kader dan petugas yang berada di bagian belakang panggung, jatuh. Dan Anies langsung putar haluan, turun dari sisi kanan panggung acara. Disaat itu, terlihat beberapa peralatan acara di atas panggung, berserakan  dan jatuh ketanah.

Menurut Dedi Harianto Lubis pengurus DPW Partai Nasdem Riau, ambruknya sisi kiri panggung acara, disebabkan relawan dan warga berebutan menyalami Anies Baswedan. Padahal, pembawa acara sudah berulangkali menyampaikan, agar sebagian relawan turun, karena kapasitas panggung sudah melebihi.

Beruntung Anies Baswedan calon presiden yang mantan Mendikbud itu, tidak dalam bahaya. Dan walaupun beberapa orang sempat terjatuh, namun dalam insiden itu, tidak ada relawan atau masyarakat yang terluka. “Inilah bukti kecintaan warga pada Anies,” kata Lubis.

Sepanjang acara, ribuan relawan terlihat memadati lokasi acara. Bukan hanya politisi dan pentolan pendukung Anies, beberapa relawan juga terlihat menyeruak menyambut Anies di sisi kiri-kanan panggung. Setelah panggung ambruk, petugas langsung mengevakuasi Anis, imbuhnya.

Dalam arahannya, Anies sempat menyapa relawan dan masyarakat Riau seraya meminta untuk merapatkan barisan dalam pencalonannya menuju RI 1. Tak hanya para relawan, dalam agenda yang dihelat Partai Nasdem itu, juga terlihat kaum disabilitas memberikan dukungan yang sama.

Kedatangan Anies Baswedan calon presiden 2024 yang diusung Partai NasDem ke Pekanbaru, juga dimanfaatkan sejumlah bakal calon legislatif. Para relawan Anies menjadikan pertemuan akbar sebagai sarana kampanye balon caleg.

Mulai pintu gerbang bandara Sultan Syarif Qasyim II Pekanbaru hingga jalan Sudirman, foto Anies Baswedan digandeng dengan foto-foto bakal calon lainnya, bertebaran sepanjang jalan.

 (Maurit Simanungkalit)