Gubernur Riau Syamsuar (tengah) bersama Kapolda Riau Irjen Muhammad Iqbal (kiri) melakukan kunjungan di sebuah gereja, memantau persiapan ibadah perayaan Natal di Pekanbaru, Sabtu (24/12/2022). (Maurit Simanungkalit)

Gubernur Riau Tinjau Kesiapan Nataru

Loading

PEKANBARU (Independensi.com) – Gubernur Riau Syamsuar mengharapkan, agar seluruh umat Kristen dapat melaksanakan ibadah Natal dengan lancar. “Semoga tidak terjadi hal-hal yang tidak kita harapkan,” kata Gubernur saat meninjau beberapa gereja bersama Forkopimda di Pekanbaru, Sabtu (24/12/2022).

Bersama Forkopimda Riau dan Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, Gubernur meninjau persiapan Natal 2022 dan Tahun Baru 1 Januari 2023 (Nataru) di beberapa gereja, antara lain gereja HKBP Jl Hang Tuah dan Gereja St Maria di Jl Ahmad Yani Pekanbaru.

Selain meninjau persiapan Nataru, Syamsuar juga meninjau Pospam Sukaramai Trade Centre dan Gudang Bulog Jl Sudirman Pekanbaru. “Hari ini kami bersama Forkopimda Riau dan Pekanbaru meninjau persiapan Nataru. Tadi kami telah meninjau kesiapan pelaksanaan ibadah Natal di beberapa gereja,” kata Syamsuar.

Menurut Gubernur, berdasarkan hasil peninjauan di beberapa gereja, jemaat sudah siap melaksanakan ibadah saat Natal 2022. Bahkan mulai sore ini jemaat gereja sudah mulai beribadah. “Kita menyakinkan agar jemaat dapat beribadah dengan aman, nyaman dan lancer. Semoga tidak terjadi hal-hal yang tidak kita harapkan ,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Riau, Irjen Mohammad Iqbal menegaskan akan melakukan penjagaan keamanan untuk masyarakat dengan maksimal. Dikatakan Iqbal, sebanyak 3.063 personel gabungan telah diterjunkan untuk melaksanakan kegiatan Operasi Lilin Tahun 2022.

Iqbal mengatakan, untuk keamanan Nataru, lebih dari 30 Pospam dan Pos Pelayanan tersebar di Riau yang dikategorikan strategis berpotensi rawan, baik itu rawan kemacetan, kecelakaan, dan juga gangguan keamanan skala kecil sampai besar yakni aksi teror.

Karena itu lanjut Kapolda, pihaknya akan berkerja maksimal bersama stakeholder dan masyarakat untuk melakukan upaya preventif dan melakukan penegakan hukum bagi pelaku-pelaku yang akan melakukan aksi yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban.

“Kami akan maksimal menjaga ibadah Natal ini, sehingga masyarakat dapat merayakan ibadah dengan tenang dan nyaman. Kapolda juga mengatakan, pihaknya akan maksimal melakukan pengamanan dan pengaturan lalulintas maupun pencegahan-pencegahan di pemukiman dan sebagainya saat pergantian tahun,” kata Iqbal. (Maurit Simanungkalit)