Satu Dekade Transformasi, SIG Bertekad Jadi Perusahaan Penyedia Bahan Bangunan Terdepan Indonesia

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Peringatan Satu Dekade Transformasi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) menggelar perayaan dengan mengusung tema “Stronger Collabor Action” dengan misi terus memperkuat kolaborasi untuk menghadapi segala tantangan dan menjawab setiap perubahan guna menciptakan peluang baru untuk menjadi perusahaan penyedia solusi bahan bangunan yang terdepan di Regional. 

Perayaan satu dekade SIG (7 Januari 2013 – 7 Januari 2023) berlangsung dilapangan Sasono Langen Budoyo TMII, Jakarta pada Sabtu (7/1) malam. Juga memberikan Penghargaan Kesetiaan Kerja kepada 130 karyawan. Sebagai apresiasi atas masa baktinya bekerja untuk SIG selama 25 tahun hingga 30 tahun.

Direktur Utama SIG, Donny Arsal mengatakan, sepuluh tahun bukan waktu yang sebentar bagi SIG. Apalagi dalam perjalanannya, banyak dinamika dan berbagai tantangan yang dihadapi, baik secara bisnis maupun konsolidasi di internal.

“SIG, dibentuk sebagai BUMN semen yang menyatukan seluruh kekuatan-kekuatan di daerah menjadi kekuatan nasional. 7 Januari 2013 menjadi momentum bersejarah dengan perubahan nama dari Semen Gresik menjadi Semen Indonesia, sebuah simbol integrasi dan penguatan BUMN semen di Indonesia,” ujarnya.

“Dibentuknya SIG bukan hanya agar menjadi BUMN Semen pemimpin di Indonesia, tapi kita memiliki visi besar untuk menjadi regional champion dan menjadi penyedia solusi bahan bangunan terbesar di regional. Karena itu, kita harus menjadi yang terdepan di industri,” tuturnya.

“Untuk itu, kita melengkapi kekuatan dengan bergabungnya PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) yang membawa tambahan best practice, knowledge, dan solusi-solusi yang memperkaya portofolio Perusahaan, dan kini kita juga menyambut anggota baru dalam keluarga besar SIG, yaitu Semen Baturaja. Dari ujung Barat hingga Timur, SIG hadir untuk Indonesia,” sambungnya.

Lebih lanjut, Donny Arsal menjelaskan, dengan kolaborasi tim yang solid, SIG terbukti mampu mencatatkan kinerja positif dan sederet prestasi gemilang. Bahkan di tengah berbagai tantangan yang dihadapi sepanjang tahun 2022, mulai dari persaingan yang semakin ketat hingga peningkatan biaya produksi terutama akibat kenaikan harga bahan bakar.

“Salah satu prestasi membanggakan yang berhasil ditorehkan adalah kesuksesan right issue SIG yang terserap hingga 96,9 persen dari keseluruhan transaksi, baik dari porsi publik maupun porsi Negara,” ungkapnya.

“SIG kini memiliki posisi yang sangat kuat, dominan dalam industri semen domestik. Namun sayangnya, itu juga bukan berarti posisi kita sudah aman. Setiap tahun akan selalu ada tantangan baru dan tidak menjadi semakin mudah. Kita tidak bisa berharap bahwa kondisi industri ataupun persaingan ini akan menjadi mudah, tapi justru kita lah yang harus bisa menjadi lebih kuat,” imbaunya.

Sementara, Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo dalam sambutannya menyampaikan, SIG merupakan BUMN semen terbesar di Asia Tenggara yang memiliki kontribusi besar bagi masyarakat dan juga Indonesia.

“Melalui berbagai inovasi dan semangat transformasinya, SIG sebagai perusahaan penyedia solusi bahan bangunan terbesar di regional, mampu menjadi BUMN kelas dunia,” tukasnya.

“Saya mengucapkan selamat ulang tahun ke-10 dan saya juga mengucapkan selamat atas prestasi yang telah diraih. Khususnya dengan bergabungnya Semen Baturaja ke dalam SIG, serta suksesnya Right Issue yang telah dilakukan. Semoga capaian ini bisa memperkuat SIG Group dalam menghadapi tantangan di industri semen.

Semoga terus berkembang, berinovasi dan berprestasi, sehingga dapat terus memberikan kontribusi terbaik kepada masyarakat dan Indonesia,” tandas Wamen.

Dalam rangkaian perayaan HUT ke-10 SIG, juga diramaikan dengan berbagai kegiatan, mulai dari penganugerahan SIG Innovation Awards, Fun Walk Fest, live performance dari manajemen dan karyawan, berbagai lomba olahraga bagi karyawan, serta lomba #DiUmurkuHariIni Video Challenge yang dapat diikuti oleh masyarakat.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti lomba bisa mengetahui informasi lengkap mengenai ketentuan persyaratan ikutan cukup klik tautan berikut ini #DiUmurkuHariIni Video Challenge https://www.sig.id/diumurkuhariini. (Mor)