Marcus Fernaldi Gideon (kanan) dan Kevin Sanjaya Sukamuljo. (Humas PBSI)

Minions Melaju Mudah

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo sukses merebut tiket ke babak kedua ajang Daihatsu Indonesia Masters 2023 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (24/1/2023). Mereka berhasil melewati hadangan wakil Korea Selatan, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae 21-17, 21-12.

“Bersyukur kami bisa melewati hari ini dengan meraih kemenangan. Rasanya senang bisa menang melawan mereka yang tidak mudah untuk dikalahkan,” ungkap Kevin. “Kami melawan pasangan nomor satu Korea, kami mempersiapkan fisik dan mental menghadapi laga hari ini,” timpal Marcus.

Dengan kemenangan ini, Marcus/Kevin melangkah ke babak 16 besar. Mereka akan menantang pemenang antara Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (China) vs Rasmus Kjaer/Frederik Sogaard (Denmark).

Menghadapi babak kedua turnamen BWF World Tour Super 500 itu, pasangan rangking 18 dunia itu bertekad menampilkan permainan terbaik untuk bisa meraih gelar juara. Maklum setelah mengalami periode sulit turun dari peringkat pertama, runner up Denmark Terbuka 2022 itu perlahan mencoba bangkit dari keterpurukan.

Dengan hasil ini, Marcus/Kevin melakukan revans terhadap Kang/Seo seusai di pertemuan terakhir pada Indonesia Terbuka 2022 takluk pada babak 16 besar. Saat itu peraih medali emas Asian Games 2018 itu takluk dua gim langsung dalam tempo 34 menit dengan skor 14-21, 12-21 dari pasangan rangking 13 dunia tersebut.

Kejutan diberikan ganda campuran Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata meraih tiket babak utama Indonesia Masters 2023. Kepastian tersebut didapat seusai pasangan rangking 82 dunia itu mengatasi perlawanan wakil India, Reddy B. Sumeeth/Ashwini Ponnappa 22-20, 21-17 dalam tempo 35 menit.

Kehadiran suporter di Istora Senayan membuat Jafar/Aisyah bertambah semangat. Tidak heran saat dalam keadaan tertekan di gim pertama, Jafar/Aisyah bisa keluar dari kemelut dan finis sebagai pemenang. “Kami fokus di pertandingan ini. Saat kondisi kami tertekan, pelatih memberikan instruksi untuk bermain lebih sabar,” ungkap Jafar.

Dengan hasil ini, Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata melangkah ke babak 32 besar turnamen bulutangkis BWF World Tour Super 500 tersebut. Pada babak utama, Jafar/Aisyah akan berhadapan dengan wakil India lainnya, Rohan Kapoor/Reddy Sikki.

Debut Babak Utama

Tunggal putra Christian Adinata menuai debut babak utama di ajang Imdonesia Masters 2023. Pebulutangkis rangking 78 dunia itu tercatat dua kali meraih kemenangan untuk memastikan diri tampil di babak 32 besar turnamen berhadiah total 420 ribu dolar AS. Christian memastikan diri tampil di babak 32 besar seusai menang atas Mark Caljouw (Belanda) dengan skor 20-22, 21-14, 21-17.

Sebelum mengatasi wakil Negeri Kincir Angin tersebut, Christian mengalahkan tunggal putra India, Mithun Manjunath dengan skor 21-18, 21-12. Kemenangan di babak kualifikasi disyukuri oleh Christian, mengingat tahun ini dirinya menjalani debut pada turnamen BWF World Tour Super 500. Dalam debutnya, juara Italian International 2022 itu langsung tampil pada ajang Indonesia Masters 2023 dan meraih hasil terbaik.

“Bersyukur bisa main dengan baik, dilancarkan dari awal. Pada pertandingan ini, evaluasi mungkin kondisi agak lelah,” kata Christian. “Ini turnamen BWF super 500 pertama saya dan bermain di Istora. Tentunya saya siap memberikan yang terbaik di setiap pertandingannya,” ungkap pebulutangkis kelahiran 16 Juni 2001 itu.

Pada awalnya, Christian masih merasa demam panggung mengingat publik Istora Senayan terus memberikan dukungan kepadanya. Dengan fokus tinggi untuk bisa meraih setiap poinnya, Christian akhirnya mampu mengatasi tekanan dan lolos ke babak utama turnamen tersebut. Dengan hasil ini, Christian lolos ke babak utama Indonesia Masters 2023 dan akan berjumpa Kenta Nishimoto dari Jepang.

Sayang kiprah apik Christian tidak diikuti rekannya Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay. Juara Kapal Api Indonesia International Series 2022 itu harus terhenti langkahnya di babak awal kualifikasi dari wakil India, Sai Praneeth B lewat pertarungan rubber game dengan skor 18-21, 21-9, 15-21.

Satu lagi wakil Indonesia yang gagal lolos ke babak utama Daihatsu Indonesia Masters 2023 ialah pasangan Muhammad Rayhan Nur Fadillah/Rahmat Hidayat. Langkah mereka terhenti di babak kualifikasi seusai kalah dari wakil Denmark, Rasmus Kjaer/Frederik Sogaard straight game 14-21, 13-21.