Japto Soerjosoemarno terpilih sebagai Ketua Umum PB PGI 2023-2027 dalam musyawarah nasional di Jakarta, 20-21 Februari 2023.

Japto Siap Majukan Olahraga Golf

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Setelah melalui pemungutan suara dalam dua kali putaran, KPH Japto Soerjosoemarno terpilih sebagai Ketua Umum PB PGI untuk masa bakti periode 2023 -2027, dalam Musyawarah Nasional (MUNAS) PGI yang berlangsung pada 20-21 Februari 2023 di Intercontinental Hotel, Pondok Indah Jakarta Selatan.

Putaran pertama pemilihan Ketua PGI yang diikuti oleh Ahmad Sahroni, Boy Rafli Amar dan Japto Soerjosoemarno, Ahmad Sahroni unggul dengan 185 suara sah, Boy Rafli Amar dengan 167 suara sah sedangkan Japto Soerjosoemarno dengan 169 suara sah dan suara tidak sah sebanyak 7 suara.

Dalam pemilihan suara putaran pertama tersebut, hasilnya menempatkan Ahmad Sahroni di posisi pertama disusul Japto Soerjorsoemarno di posisi kedua dan Boy Rafli Amar di posisi ketiga.

Karena dalam pemilihan putaran pertama tidak ada peserta yang memperoleh suara 50% plus 1, maka pemilihan suara untuk menentukan siapa yang akan terpilih menjadi orang nomor satu di percaturan golf Tanah Air ditentukan melalui putaran kedua.

Sahroni dan Japto kemudian bersaing di putaran kedua sedangkan Boy Rafli Amar tak dapat melanjutkan keikut-sertanya karena kalah dalam pengumpulan suara.

Suasana dan nuansa kompetitif yang berbasis pada nilai-nilai sportivitas serta demokratis dalam Munas PGI kali ini — sungguh sangat terasa terutama dan khususnya pada saat pemungutan suara tahap kedua berlangsung.

Pemungutan suara putaran kedua diikuti oleh 505 peserta. Pada pemungutan suara putaran kedua Ahamad Sahri memperoleh 231 suara sah sedangkan Japto Soerjorsoemarno memperoleh 268 suara sah, dan pada pemungutan suara putaran kedua terdapat 6 suara tidak sah.

Kepada para wartawan Japto menyatakan pihaknya akan menjadikan golf sebagai “rumah bersama” bagi para stake holder. “Kita harus bersatu, kompak dan jauhkanlah perbedaan dan ego sentris kalau kita ingin olahraga golf di Indonesia maju. Kita jangan jalan sendiri-sendiri,” katanya.

Sebagai Ketua Umum PGI yang baru, oleh Sidang Pleno yang memimpin jalan pemungutan suara putaran pertama dan kedua, Japto diberi kesempatan selama 30 hari ke depan untuk memilih pengurus PB PGI Periode 2023-2027.

Dalam proses menentukan siapa yang akan menduduki jabatan atau bidang apa di internal PGI masa bakti 2023-2927, sebagai formatur tunggal, Japto akan didampingi oleh 3 (tiga) Ketua PGI dari Pengprov DKI, Jawa Timur, dan Jawa Barat serta 1 (satu) orang dari Perkumpulan Golf.

“Untuk sementara saya belum bisa bicara panjang lebar dengan rekan-rekan,” ujar Japto. “Yang pasti, sebagai Ketua Umum terpilih saya akan mengajak serta orang-orang yang memiliki kualitas dan kredibilitas yang baik demi olahraga golf di Indonesia,” tambah Japto Soerjosoermarno mengakhiri keterangannya. (Jonathan)