Tips memilih hewan qurban. (ist)

Pelatihan Manajemen Qurban dan Fiqih Sembelih di Kota Bekasi

Loading

BEKASI (IndependensI.com)-  Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengimbau seluruh warga Kota Bekasi,  agar menjadikan momen
Idul Adha 1444 H yang dirayakan tanggal 29 Juni 2023,  untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan antar umat beragama ditengah-tengah perbedaan yang beragam. Ia  mengajak untuk saling berbuat kebaikan.

“Jaga terus kesatuan dan persahabatan untuk saling menguatkan satu sama lain. Perbedaan adalah keniscayaan dari Allah SWT kepada bangsa dan negara kita. Jadi mari jadikan Hari Raya Idul Adha ini sebagai ajang untuk berlomba-lomba dalam menebarkan kebaikan kepada seluruh umat dan tidak pernah letih untuk mengumpulkan kebaikan,” kata Tri Adhianto saat membuka pelatihan Manajemen Qurban dan Fiqih Sembelih, di Masjid Raya Muhammad Ramadhan, Kecamatan Bekasi Selatan, kemarin.

Pelatihan dilakukan  Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Bekasi bersama Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Bekasi.Pelatihan dilakukan guna memberikan edukasi kepada seluruh DKM Kecamatan Bekasi Selatan terkait teknis pelaksanaan penyembelihan hewan Qurban sesuai dengan syariat.

Tri Adhianto mengatakan pentingnya bagi juru sembelih dibekali dengan pengetahuan yang cukup salah satunya terkait penanganan terhadap hewan qurban baik sebelum maupun saat disembelih.

“Konsep-konsep dasar seperti teknik mengelus, menidurkan, menenangkan hingga memahami bagaimana menangani rasa sakit dan paksaan yang dirasakan oleh hewan, saya kira itu adalah hal mendasar yang perlu diketahui bagi masyarakat khususnya para juru sembelih nantinya,”ujarnya. (jonder sihotang)