KH Maman Imanulhaq: Banyak Catatan Pelayanan Haji Tahun Ini yang Harus Dievaluasi

Loading

JAKARTA, (INDEPENDENSI.COM) – Rombongan Komisi VIII DPR RI memantau langsung tenda-tenda jemaah haji asal Indonesia di Mina.

Rombongan tersebut terdiri dari Politisi PKB KH Maman Imanulhaq, bersama pimpinan DPR Sufmi Dasco, Rano Al Fath, Husni, serta Abdul Wahid.

Di sana, Kiai Maman sapaan KH Maman Imanulhaq itu menemukan beberapa catatan seperti tenda-tenda yang penuh sesak akibat overcapacity, bahkan sebagian tempat tidur diisi 2 sampai 3 orang sehingga beberapa jemaah memilih tidur di luar.

Tak hanya itu, beberapa toilet juga ditemukannya tidak berfungsi dengan baik.

Bahkan sampai membuat ada seorang jemaah pingsan karena terlalu lama antre dan berdiri. Termasuk insiden bocornya saluran limbah yang menimbulkan bau menyengat dan mengotori sekitar.

“Yang ketiga banyak sekali orang tua yang kepanasan dan juga menderita penyakit lain sehingga perlu penanganan yang serius,” kata Kiai Maman kepada media, Kamis, 29 Juni 2023.

Catatan lain yang bakal dievaluasi, imbuh Politisi PKB itu, soal pola koordinasi dan komunikasi antar petugas yang belum kelihatan profesional.

Ia pun berharap pelayanan haji di tahun yang akan datang dapat dilakukan lebih profesional dan manusiawi.

Kiai Maman pun memastikan temuan ini menjadi catatan tim pengawas haji pada saat rapat evaluasi nanti.

Ia berharap kejadian serupa tak kembali terjadi pada musim-musim haji mendatang.

Meski begitu, menurut Kiai Maman, secara keseluruhan, Kementerian Agama dan para petugas haji telah bekerja keras melayani jamaah.

Namun perbaikan ke depannya agar pelayanan semakin memadai, dibutuhkan tambahan petugas yang lebih banyak sesuai rasio ideal jamaah haji dan mau bekerja secara profesional dan ikhlas.