Anak balita obesitas (kelebihan berat badan).

Balita Obesitas  di Kabupaten Bekasi 1.400 Lebih.

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, kasus stunting (tumbuh kerdil pada anak),  masih ada. Upaya mengatasi dengan pemberian gizi cukup, pemeriksaan kesehatan rutin,  telah dilakukan pemerintah daerah setempat.

Namun, di daerah ini, juga terdapat sekitar  1.440 anak usia bawah lima tahun,  terindikasi mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Ini  berdasarkan data Dinas Kesehatan setempat hingga pertengahan tahun 2023.

Dari total 1.440 balita obesitas, 275 di antaranya bahkan masih berusia di bawah dua tahun (0-23 bulan).

“Obesitas menjadi salah satu persoalan gizi pada balita yang menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Bekasi selain stunting dan gizi buruk,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Supriadinata di Cikarang.

Disebutkan, pemicu obesitas pada balita disebabkan beberapa faktor mulai dari pola makan yang tidak sesuai dengan anjuran kesehatan, yakni tidak sehat, porsi berlebih, hingga faktor genetik.

Pihaknya menghimbau masyarakat melakukan upaya pencegahan obesitas. Selain menerapkan pola makan sehat dan seimbang, berat badan dan panjang atau tinggi badan balita juga harus dipantau secara berkala di Posyandu. (ant/jonder sihotang)