LPM UGJ Hadirkan Kementerian Koordinator Bidang Ekonomi RI

Loading

CIREBON (IndependensI.com) –Ketua LPM Dr. H. Harmono, S.H., M.H. selaku Ketua Panitia KKN Semester Genap Tahun 2022/2023 dalam laporan menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi keuangan inklusif, keuangan syariah, dan pemberdayaan UMKM sekaligus Training of Trainer (ToT) bagi dosen pembimbing lapangan dan perwakilan kelompok mahasiswa KKN.

Kegiatan ToT diikuti oleh 70 orang Dosen Pembimbing Lapangan, dan 3 orang perwakilan mahasiswa dari setiap kelompoknya berjumlah 280 peserta.

Kegiatan ini bekerjasama dengan Kantor Kementerian Koordinator bidang Ekonomi RI khususnya Deputi bidang keuangan Inklusi dan Keuangan Syariah, serta menggandeng mitra kerjasama yaitu, PT BJB Syariah, PT. Askrindo Syariah, PT. Pegadaian Syariah, PT Telkom Agree, BULOG, PT. Bank Sinarmas UUS, PT BSI, PT. Askrindo, PT. Pupuk Kujang, dan Tokopedia.

Rektor UGJ Prof. Dr. H. Mukarto Siswoyo, Drs., M.Si. dalam sambutannya menyampaikan ToT merupakan bagian penting dari proses mempersiapkan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan kuliah kerja nyata.

“ToT kali ini menjadi luar biasa karena dihadiri oleh 10 pemateri yang akan sharing ilmu dan pengalamannya”, tambahnya.

Sosialisasi keuangan inklusif dilaksanakan pada kegiatan ToT dimaksudkan untuk membantu masyarakat tentang keuangan atau produk layanan perbankan.

Para mitra perbankan syariah dapat dihubungkan dengan para UMKM yang berada di tempat KKN, supaya mendapatkan kesempatan layanan keuangan dari perbankan sehingga usahanya menjadi maju. Ada pengembangan dan peningkatan kapasitas produksi, dan pemasaran, tambahnya.

“Terima kasih kepada kementerian Koordinator bidang Ekonomi RI khususnya Deputi bidang keuangan Inklusi dan Keuangan Syariah, yang sudah berkesempatan hadir pada kegiatan sosialisasi keuangan inklusif, keuangan syariah, dan pemberdayaan UMKM sekaligus kegiatan Training of Trainer bagi dosen pembimbing lapangan dan perwakilan kelompok mahasiswa KKN”, tutupnya.

Dr. Erdiriyo, S.E., M.M Asisten Deputi Keuangan Inklusif dan Keuangan Syariah dalam pemaparannya menyampaikan bahwa seluruh mitra yang sudah dihadirkan oleh LPM UGJ siap untuk memfasilitasi dan mendampingi para mahasiswa KKN dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan UMKM.

“Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) UGJ secara bertahap memberikan sertifikasi halal gratis buat para nasabah BSI, BJB Syariah dan masyarakat pelaku UMKM lainnya”, tuturnya.