Simulasi pengamanan pemilu di Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah, Senin (31/7/2023).(foto istimewa).

Kapolres Purworejo Hadiri Simulasi Penanggulangan Gangguan Keamanan Intensitas Tinggi Tahapan Pemilu 2024

Loading

PURWOREJO (Independensi.com) – Untuk menghadapi segala tantangan menjelang Pemilu 2024, aparat keamanan terus mematangkan segala Persiapannya melalui berbagai strategi agar pesta demokrasi dapat berjalan dengan lancar dan damai serta masyarakat juga turut menikmatinya tanpa ada polarisasi.

Persiapan pesta demokrasi di 2024 mendatang menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat Indonesia, termasuk aparat keamanan. Mustahil apabila tak ada tantangan menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Untuk menghadapi berbagai tantangan yang ada, aparat keamanan terus mematangkan persiapan di tahun politik.

Sementara itu, di sisi lainnya Kapolres Purworejo Polda Jawa Tengah AKBP Viktor Ziliwu menghadiri latihan bersama Polda Jateng, Kodam IV Diponegoro dan Pemprov Jateng dalam penanggulangan gangguan keamanan intensitas tinggi terhadap VIP selama tahapan Pemilu 2024.

Latihan gabungan ini terpusat di Lapangan Simpang Lima Semarang pukul 08.00 pagi dan dihadiri pejabat Polda Jawa Tengah,Kodam IV Diponegoro, Pemrov Jawa Tengah dan Para Kapolres se-Jawa Tengah.

Dalam latihan simulasi ratusan massa melakukan aksi turun dijalan sehingga jalan menjadi macet dan pengguna jalan putar balik arah.

Disamping itu juga massa membakar ban dan meledakan sebuah mobil didepan Hotel Louis Kienne. massa semakin brutal,sehingga pasukan dari Polda Jateng, Kodam IV Diponegoro dan Satpol PP melakukan penindakan secara terukur, hingga akhirnya massa dapat dihentikan dan dibubarkan.

Sejumlah provokatorpun ditangkap Petugas, namun demikian petugaspun memberikan pertolongan pada peserta aksi yang mengalami luka.

3 helikopter diterjunkan untuk mengevakuasi seorang tokoh VIP tepat di atas roof top hotel Louis Keinne dan berhasil diselamatkan.
“Dalam latihannya”

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan latihan ini penting untuk digelar menjelang pemilu khususnya dalam mengamankan tokoh Very Important Person (VIP) dalam situasi kritis atau chaos, disamping itu latihan ini guna menyamakan persepsi dan SOP serta meningkatkan profesionalisme dalam rangka pengamanan pentahapan pemilu terutama menghadapi gangguan keamanan berintensitas tinggi.

Oleh karena itu pihaknya berharap seluruh tahapan pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar dan kamtibmas di Jawa Tengah dapat terjaga tanpa adanya gejolak, pungkasnya.