Rombongan Direksi dan DPRD Muara Enim Sumsel saat diterima Dirut PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi Usep Rahman Salim. (humas)

PDAM dan DPRD Muara Enim  Kunjungi PDAM Tirta Bhagasasi

Loading

 

BEKASI (IndependensI.com)- Ingin belajar terkait sumbangan Pendapatan Ali Daerah (PAD) ke pemerintah daerah,  Direksi  Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Lematang Enim,  Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan mengunjungi
PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi,  Kamis (10/8/2023).

Rombongan studi banding jug beranggotakan anggota DPRD Muara Enim dari Komisi III, perwakilan Badan Pendapatan Daerah, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, dan instansi terkait lainnya.

Ketua rombongan studi banding, Hadiono yang juga Wakil Ketua DPRD Muara Enim menyebutkan,  pihaknya memilih PDAM Tirta Bhagasasi sebagai tujuan studi banding dikarenakan fasilitasnya yang mumpuni.

“Terlebih diinformasikan juga bahwa PDAM Tirta Bhagasasi ini telah berkontribusi pada Pendapatan Asli Daerah. Ini yang ingin kami pelajari,” ucap Hadiono.

Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi Usep Rahman Salim didampingi Direktur Teknik Johny Dewanto mengatakan,  bahwa sebagai operator pemerintah yang melayani kebutuhan masyarakat akan air bersih, diperlukan orientasi jelas.

“Apakah akan berorientasi sosial, atau berorientasi bisnis. Bagi kami, layanan kepada masyarakat tetap berjalan dan selalu diupayakan seoptimal mungkin, tapi juga kami jalin kerja sama dengan pihak ketiga untuk pengembangan usahanya,” katanya.

Ia juga menjelaskan, tiap tahun perusahaan yang dipimpin terus berkontrobusi ke kas Pemerintah Daerah berupa PAD. PAD ini bagian  dari laba bersih perusahaan yang diberikan kepada pemerintah daerah sebagai pemilik perusahaan. (jonder sihotang)