Arist Merdeka Sirait Tutup Usia, Kiai Maman Imanulhaq: Indonesia Kehilangan Sosok Pelindung Anak

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Anggota Komisi VIII DPR RI, KH Maman Imanulhaq menyampaikan turut berduka atas meninggalnya Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait.

Arist menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit (RS) Polri Said Sukanto, Jakarta, Sabtu pagi, 26 Agustus 2023.

Kepergian sosok yang dianggap banyak kalangan sebagai pejuang pemenuhan hak dan pelindungan anak ini menuai duka kehilangan dari berbagai kalangan.

“Kita kehilangan sosok dan tokoh yang terus berada di garis terdepan pelindungan anak-anak Indonesia. Sepanjang hidupnya, beliau abdikan diri untuk memastikan hak anak-anak Indonesia terpenuhi,” kata Kiai Maman seperti mengutip keterangannya, Senin, 28 Agustus 2023.

Semasa hidupnya, lanjut dia, Arist bahkan kerap membantu mengungkap kasus kejahatan yang berkaitan dengan anak. Arist pun tak pernah absen untuk membantu anak-anak yang tengah berhadapan dengan hukum.

Di DPR khususnya pada Komisi VIII DPR RI, Arist banyak memberikan masukan bahkan kritik dan saran dalam kasus-kasus yang melibatkan anak-anak.

Meski kini Arist telah pergi, Kiai Maman berharap akan muncul pejuang atau tokoh pelindung anak lainnya yang meneruskan perjuangan, nilai, dan semangat Arist Merdeka Sirait.

Tak lupa, pengasuh Ponpes Al Mizan Jatiwangi itu pula menyampaikan duka cita atas kepergian Arist Merdeka Sirait.

“Sebagai pribadi dan Anggota Komisi VIII DPR RI saya menyampaikan rasa duka cita, kehilangan mendalam atas meninggalnya sahabat saya Arist Merdeka Sirait. Semoga amal baktinya diterima oleh Tuhan YMK, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran,” ucap Kiai Maman.