Iluatraai balap mobil di Afrika Selatan. (Istimewa)

Pertamina Lubricants Lanjutkan Misi “Go International”

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Pertamina Group telah berhasil mewujudkan semangat kerja sama antara Asia dan Afrika dengan menjalankan misi pemerintah untuk memperkuat hubungan antara kedua negara. Pertamina memberikan peluang kerja sama yang saling menguntungkan, dan Afrika memiliki peluang bisnis yang cocok serta dibutuhkan oleh Pertamina.

PT Pertamina Lubricants, anak perusahaan Subholding Commercial & Trading Pertamina meneruskan misi go-internasional ini dengan membawa produk-produk oli kelas dunia seperti Pertamina Fastron, Enduro, Meditran hingga Mesran di Afrika Selatan sejak tahun 2014. Potensi pertumbuhan industri oli di benua Afrika pun masih tinggi dan diprediksikan akan meningkat 4% atau naik menjadi 1.24 miliar liter di tahun 2026, menurut laporan dari Mordor Intelligence. 

VP Sales Overseas Pertamina Lubricants, Syafaat Jajuli mengatakan, pihaknya terus mengembangkan strategic partnership dengan beberapa jaringan spare part shop yang memiliki ratusan outlet di seluruh wilayah Afrika Selatan sekaligus membangun jaringan bengkel own-channel Pertamina Lubricants. “Kami juga melakukan sponsorship ke berbagai event motorsport di Killarney International Raceway yang kerap menjadi area balap motocross, karting, drag race dan truck race,” ungkap Syafaat melalui keterangan tertulis, Kamis (7/9/2023).

Strategi untuk masuk di pasar Afrika merupakan bagian dari rencana jangka panjang Pertamina Lubricants dalam pengembangan pasar overseas salah satunya dengan membangun hubungan distributor yang kuat melalui country distributor Indolube Pty Ltd.

Syafaat menambahkan, dengan oli berkualitas dunia, Pertamina Lubricants memiliki pengalaman, kompetensi dan kapabilitas untuk masuk dan tumbuh di 14 negara lainnya di dunia, seperti Australia, Thailand, Vietnam, Bangladesh, Jepang, Myanmar, dan masih banyak lagi. Hal ini sejalan dengan komitmen Pertamina untuk terus berekspansi dan semakin “go global”.