Ketua Umum Gempar, Christian Sidabutar (kiri) bersama Ketua Dewan Pembina, Martuama Saragi. (Istimewa)

Christian Sidabutar Pimpin Organisasi Pemuda “Gempar”

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Christian Hagi Sidabutar terpilih sebagai Ketua Umum Generasi Muda Parna Indonesia (GEMPAR) periode 2023-2027. Pria berusia 34 tahun ini resmi ditahbiskan sebagai Ketua Umum beserta jajaran Pengurus Pusat Gempar pada Minggu (29/10/2023).

​“Ini adalah amanat yang akan saya tunaikan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab,” ucap Christian melalui keterangan tertulisnya. Putra bersuku Batak yang berkarir di bidang jasa itu menuturkan, Generasi Muda Parna Indonesia yang dinakhodainya ini seperti juga organisasi pemuda yang telah lebih dulu eksis. Hanya saja memiliki kekhususan yang khas, yakni anggotanya merupakan Pemuda Batak bermarga Parna atau lahir dari ibu yang bermarga tersebut.

Organisasi pemuda ini berdiri pada 11 Juli 2015 dan sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia sejak 2017. Parna adalah akronim dari Parsadaan Nai Ambaton atau lazim disebut sebagai Pomparan ni si Raja Naiambaton yaitu kumpulan marga keturunan dari Nai Ambaton. Adapun Parna merupakan kesatuan marga yang paling besar pada marga Batak, menurut laman situs parna.org, terdiri tak kurang dari 83 sub marga.

Awalnya organisasi terbentuk dari beberapa elemen pemuda marga ini yang merasa perlu hadirnya satu komunitas sebagai wadah untuk membangun suatu karya yang manfaatnya bisa dirasakan banyak Parna itu sendiri khususnya dan pemuda Batak umumnya. Selain itu, bisa berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara Indonesia.

“Semoga semangat awal pendirian Gempar ini mampu terus bersemayam di hari segenap jajaran pengurus pusat yang dilantik pada saat ini,” ujar Christian. Dia berharap Gempar dapat hadir dan mampu menjadi organisasi pemuda Batak yang berdampak dan bermanfaat, menjadi pelopor munculnya generasi muda Batak khususnya dari marga Parna yang siap berkontribusi dalam karya dan inovasi kreatif serta berintelektual untuk menciptakan generasi emas Indonesia pada masa mendatang.

Sebagai Ketua Umum, Christian didampingi Frenky Kristian Sidabalok selaku Wakil Ketua Umum dan lima orang Ketua serta Sekretaris Jenderal, Jadi Martua Simbolon. Secara organisasi, Gempar telah tersebar hampir di seluruh pelosok Tanah Air. “Harapannya, program Gempar mampu menguatkan pondasi organisasi yang mana telah hadir di tiap wilayah Indonesia. Program-program dari segala aspek sosial, budaya, ekonomi kreatif serta perkembangan teknologi akan menjadi poin penting yang akan segera dilaksanakan,” tandasnya.

Lebih jauh Christian berharap kepada seluruh anak muda Parna untuk terus mengobarkan semangat untuk berkarya dan membangun Parna, bangsa dan negara. “Menjadi marga yang bukan hanya sekedar besar tapi berkualitas, solid dan bermartabat. Kita anak muda adalah masa depan Parna, masa depan bangsa tanah air tercinta, Indonesia,” imbuhnya.