Mitra Binaan Pertamina Lubricants, Kelurahan Sukorame Dua Kali Berturut-turut Raih Trophy Proklim KLHK

Loading

GERSIK (Independensi.com) – Kelurahan Sukorame, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, yang merupakan Mitra Binaan Pertamina Lubricants. Kembali meraih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia Kategori Trophy Utama. 

Penghargaan tersebut didapat berkat inovasi – inovasi masyarakat di bidang lingkungan, seperti inovasi pengelolaan Tanaman Markisa dari hulu ke hilir dan inovasi Rak Curhhaat yang merupakan inovasi dalam pengelolaan sampah di masyarakat.

Rak Curhhaat sendiri memiliki arti C: Cuci Tangan (Sebelum / sesudah beraktivitas), U: Ubah Sampah Plastikmu (menjadi ecobrick), R: Rawat Limbah Dapurmu (Menjadikan komposter), H: Hanguskan Rokokmu (Matikan rokok Ketika masuk rumah), H: Hijaukan Lingkunganmu (Menanam di tempat yang kosong), A: Antar Minyak Limbah Gorengmu, AT: Ambil Tasmu untuk berbelanja (Kurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai).

Penghargaan yang didapatkan ini, untuk kedua kalinya didapatkan sejak tahun 2022 – 2023 di lokasi RW 01 Sukorame atau yang biasa disebut Kampung Markisa dan RW 02 Sukorame yang memiliki nama Pokmas Segherd.

Sebagai wujud suka cita atas penghargaan tersebut, masyarakat Sukorame membagikan 100 botol minuman markisa dan nasi bungkus kepada masyarakat yang membutuhkan. Serta pendistribusian 3 Rak Curhhaat dari RW 02 Sukorame kepada PT Pertamina Lubricants, Kantor Kecamatan Gresik, dan Kelurahan Sukorame.

Hal itu dilaksanakan dengan tujuan untuk mengedukasi dan memperkenalkan kepada masyarakat mengenai inovasi – inovasi lingkungan dari Kelurahan Sukorame.

“Inovasi Lingkungan dan Keberhasilan ini perlu kita gaungkan, mengingat hal ini bisa memicu masyarakat Gresik lainnya untuk untuk belajar dan meniru keberhasilan masyarakat Sukorame. Yang di mana pada Tahun 2023 ini ada 11 kampung yang maju ke Proklim di Kecamatan Gresik, tetapi hanya RW 02 Sukorame yang mampu meraih Proklim Trophy Utama disini.” kata Camat Gresik, Arip Wicaksono, saat menghadiri syukuran atas penghargaan yang diraih Kelurahan Sukorame, Jumat (3/11).

Sementara, Lurah Sukorame, Rizal Ghithrif mengaku bangga atas prestasi.yang diraih Kelurahan Sukorame, “Tentunya dalam keberhasilan ini tidak lepas dari peran Pertamina Lubricants, dalam melakukan pendampingan dan pembinaan, semoga Pertamina Lubricants tidak bosan – bosannya membimbing kami dalam pengelolaan lingkungan.” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Manager Production Unit Gresik, Setyo Nugroho menyampaikan pesan agar warga Sukorame bisa mempertahankan prestasinya dan menjadikan daerahnya lebih baik.

“Kami berharapa warga Sukorame bisa memegang komitmen dalam menjaga lingkungan ini secara keberlanjutan, serta terus mengembangkan inovasi – inovasi lingkungannya.” tuturnya.

“Pendampingan dan pembinaan yang kami lakukan, sebagai wujud dari program yang sejalan dengan komitmen ESG (Economic, Social & Governance) Pertamina Go Sustainable dan pencapaian Sustainable &  Development Goals (SDGs) nomor 1 yakni Menghapus Kemiskinan dan nomor 8 yakni pekerjaan layak,” pungkasnya. (Mor)