Ilustrasi. (Dok/Ist)

Timnas Basket Menuju Malaysia

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Timnas Basket Muda atau Indonesia Elite siap menghadapi turnamen Datuk Wira Cup Melaka U-21 Invitational Tournament di Malaysia yang berlangsung pada 3-5 November 2023. Manajer Indonesia Elite Ferri Jufry mengatakan, total ada 12 pemain yang dipanggil ikut serta dalam kejuaraan di Malaysia ini. Namun satu pemain tidak bisa berangkat karena ada kendala dengan kebugaran, yaitu Arthur Vadel.

Jadi mereka yang ikut dalam lawatan kali ini adalah Brian Anggara, Richard Theofilus, Ida Bagus Pradnya Ananta Wijaya, Albert Richard, Richard Kornelius. Lalu Richie Linardi, Marvin Manuel Utomo, Dame Diagne, Fikran Fattah, Terrel Ayes, dan Serigne Modou Kane.

Mereka ke Malaysia dipimpin Coach Efri Meldi dengan asisten Andrie Ekayana. Ferri mengatakan keikutsertaan Indonesia Elite di ajang ini merupakan bagian dari cara Perbasi mencari pemain terbaik untuk Timnas Elite di masa depan. Pemain yang dikirim ini merupakan hasil pantauan dari Badan Tim Nasional (BTN).

“Ini adalah program seleksi tahap kedua menuju Timnas Elite Muda, setelah beberapa waktu lalu ikuti kejuaraan di China,” kata Ferri seperti dikutip dari Antara. JUMAT (3/11/2023). Dari pemain yang diboyong ke Malaysia ini, tiga pemain ikut memperkuat Indonesia Elite di kejuaraan di China lalu. Mereka adalah Dame Diagne, Serigne Modou Kane, dan Richie Linardi. Saat di China, Indonesia Elite mengakhiri turnamen di peringkat keenam.

“Keikutsertaan kami di kejuaraan ini untuk melihat kemampuan para pemain menghadapi tekanan ketika hadapi pertandingan di luar negeri. Bukan untuk mencari posisi atau peringkat dari sebuah kejuaraan. Karena dengan perbanyak pertandingan, mental akan terbentuk dan itu baik untuk pemain itu sendiri dan timnas ke depan,” jelasnya.

Kejuaraan ini akan berlangsung di Stadium Basketball MBMB Bukit Serindit, Melaka. Selain Indonesia Elite, kejuaraan ini juga diikuti klub HDSD dari Taiwan, dan dua wakil Malaysia yaitu MBC Kirin dan Selangor Sukma.

Daftar 11 Pemain Indonesia Elite ke Malaysia:

Brian Anggara
Richard Theofilus
Ida Bagus Pradnya Ananta Wijaya
Albert Richard
Richard Kornelius
Richie Linardi
Marvin Manuel Utomo
Dame Diagne
Fikran Fattah
Terrel Ayers
Serigne Modou Kane