Menteri Basuki:  Jaga Kepercayaan Pemerintah dan Publik  Dalam Melaksanakan Tugas Pembangunan Infrastruktur 

Loading

JAKARTA (Independensi.com)  – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan apresiasi kepada seluruh insan Kementerian PUPR dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote, yang telah bekerja keras penuh dedikasi dalam melaksanakan tugas membangun infrastruktur di seluruh Indonesia. Dengan kekompakan dan kerjasama tim, Kementerian PUPR telah menyelesaikan berbagai tugas dan amanah pembangunan, baik infrastruktur ekonomi maupun infrastruktur sosial yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Tugas dan amanah tadi adalah wujud dari kepercayaan yang tinggi yang diberikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo, sekaligus cermin dari harapan yang besar dari masyarakat atas hadirnya infrastruktur yang berkualitas. Kita harus terus istikhomah dalam menjaga kepercayaan Pemerintah dan publik kepada Kementerian PUPR yang kita cintai ini,” ” kata Menteri PUPR dalam arahannya pada Upacara Peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-78 di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Minggu (3/12/2023).

Untuk itu, “saya minta semua insan PUPR untuk tetap fokus bekerja melaksanakan tugas dan amanah menyelenggarakan infrastruktur secara profesional dan loyal pada perintah pimpinan nasional,” tambah Menteri Basuki.

Menteri Basuki menyampaikan kinerja Kementerian PUPR sepanjang tahun 2023 antara lain, pembangunan infrastruktur dalam mendukung penyelenggaraan event-event internasional, seperti KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, KTT ASEAN ke-43 di Jakarta Convention Center (JCC), Renovasi Taman Mini Indonesia Indah, pembangunan Indoor Multifunction Stadium (IMS) di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) untuk penyelenggaraan FIBA Basketball World Cup 2023, serta renovasi stadion untuk Piala Dunia U-17 tahun 2023.

Kementerian PUPR juga melanjutkan pembangunan infrastruktur dasar di IKN meliputi bendungan, air baku, jalan tol, jalan nasional, jalan logistik, kantor-kantor pemerintahan, IPA, IPAL dan TPST, serta hunian pekerja.

Pembangunan infrastruktur dasar ini telah memberikan dampak positif dengan masuknya investor, seperti pembangunan rumah sakit, hotel, komersial, retail, kantor serta pusat pengembangan olahraga.

Infrastruktur lain yang juga dikerjakan Kementerian PUPR sepanjang 2023 adalah melanjutkan pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN), di mana 88 PSN telah selesai seperti bendungan, jalan tol, irigasi, sistem penyediaan air minum, dan Program Satu Juta Rumah. Kemudian tetap menyalurkan program Padat Karya Tunai (PKT) untuk membantu menyediakan lapangan kerja dan menambah penghasilan bagi 5,4 juta orang, terutama di desa-desa.

“Sejak 2016 hingga 2023, telah dibangun pula tidak kurang dari 583 jembatan gantung, 29 pasar rakyat, dan 1,35 juta unit rumah swadaya. Banyak yang mengatakan jembatan gantung ini untuk menggantikan ‘Jembatan Indiana Jones’ yang biasa dipakai anak-anak bergelantungan untuk berangkat ke sekolah,” kata Menteri Basuki.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Basuki juga mengingatkan kembali pesan Bapak Presiden Jokowi dalam penyerahan DIPA 2024, yakni untuk menggunakan anggaran yang telah diberikan secara disiplin, teliti, dan tepat sasaran. Mengelola anggaran dengan penuh transparansi dan akuntabilitas, serta jangan membuka celah sedikitpun untuk korupsi.

“Terakhir, percepat realisasi anggaran dengan orientasi pada hasil dan manfaat maksimal bagi rakyat. Sekali lagi pada 2024 kita mendapat amanah yang besar untuk menyelesaikan pembangunan infrastruktur,” kata Menteri Basuki.

Bertindak sebagai komandan upacara Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat  Abram Elsajaya Barus dan dihadiri oleh para pejabat tinggi madya, pratama dan pegawai Kementerian PUPR. (wst)