Gus Falah Semangati PLN Dorong Transisi Energi Pasca Peroleh Pinjaman

Loading

Jakarta- Anggota Komisi VII DPR RI Nasyirul Falah Amru (Gus Falah) memberikan semangat pada PT PLN (Persero) untuk mendorong transisi energi.

Gus Falah menyemangati PLN setelah BUMN itu mendapat dukungan green loan atau pembiayaan hijau sebesar Rp12 triliun dari beberapa lembaga keuangan nasional untuk program transisi energi.

“Sebagai pemain kunci dalam transisi energi di Indonesia PLN memang membutuhkan dukungan semua pihak, termasuk dalam hal pembiayaan,” ungkap Gus Falah, Rabu (3/1/2024).

“Karena itu, sudah seharusnya PLN lebih bersemangat dorong transisi energi lebih masif lagi,” tambah Politisi PDI Perjuangan itu.

Gus Falah menilai, PLN memiliki keseriusan dalam mendorong Indonesia sebagai negara hijau.

Anggota DPR Dapil Jatim X itu menyebut, rencana PLN menambah pembangkit berbasis energi baru terbarukan bertambah hingga 75% pada 2040, sebagaimana tertuang dalam perubahan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik adalah salah satu bukti keseriusan itu.

Gus Falah juga mengatakan, PLTU berkapasitas 3×7 Megawatt (MW) yang beroperasi  menggunakan bahan bakar biomassa di Sintang, adalah wujud keseriusan lainnya dari PLN.

“Dengan pinjaman yang diperoleh PLN ini, saya optimis target Net Zero Emissions di tahun 2060 bisa tercapai,” ungkap Gus Falah.

Sebelumnya, PLN menandatangani perjanjian sindikasi dengan PT Bank Mandiri (Persero), Tbk., PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk, PT Bank Central Asia, Tbk. dan PT Bank Syariah Indonesia, Tbk. Selain itu, PLN juga mendapatkan fasilitas pinjaman bilateral dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) (Persero).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *