Anthony Sinisuka Ginting. (Humas PBSI)

Ginting dan Jorji Belum Temui Lawan Sepadan

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Spesialis tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting belum menemui lawan sepadan dan membuka peluang meraih gelar juara di turnamen bulutangkis Daihatsu Indonesia Masters 2024 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (25/1/2024). Pemain kelahiran Cimahi, 20 Oktober 1996 itu melaju delapan besar seusai mengalahkan wakil Malaysia, Leong Jun Hao dengan skor 21-15, 21-17.

Pada pertandingan ini, Ginting mengaku bermain konsisten dalam menerapkan strategi yang diberikan pelatih. Dengan gaya bermain lebih sabar, juara Singapore Open 2023 tersebut bermain tenang untuk akhirnya menang dua gim langsung dalam tempo 53 menit atas wakil Negeri Jiran tersebut.

Bagas Maulana dan Muhammad Shohibul Fikri (Humas PBSI).

“Permainan saya hari ini seperti pertandingan sebelumnya dengan menguasai jalannya permainan. Pada gim kedua ada sedikit perubahan dari strategi lawan. Saya bermain lebih sabar lagi dalam menerapkan strategi. Bersyukur bisa berjalan dengan baik,” ungkap tunggal putra ranking empat dunia itu seperti dikutip dari rilis Humas PBSI.

Peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 itu berharap permainannya stabil agar bisa terus melangkah jauh di turnamen BWF Super 500. Juara Badminton Asia Championships 2023 itu menjadi harapan terakhir seusai di sektor tunggal putra beberapa pemain seperti Jonatan Christie dan Chico Aura Dwi Wardoyo sudah tersingkir.

“Semua pemain punya kans dan kesempatan yang sama. Saya mau fokus pada setiap babak terlebih dahulu. Saya berharap bisa mengeluarkan permainan terbaik yang sudah saya latih dan melakukan evaluasi pada setiap pertandingannya,” tambah runner up BWF World Tour Finals 2022 itu.

Leo Rolly Carnando dan Daniel Marthin (Humas PBSI)

Dengan hasil ini Ginting di perempatfinal akan berhadapan dengan wakil Singapura, Loh Kean Yew. Pada pertandingan sebelumnya juara dunia 2021 itu ke delapan besar seusai mengalahkan wakil Chinese Taipei, Su Li Yang dengan skor 21-11, 21-16.

Sementara itu, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung melaju ke perempatfinal turnamen bulutangkis Daihatsu Indonesia Masters 2024 seusai mengalahkan rekan satu negaranya, Ester Nurumi Tri Wardoyo. Jorji, sapaan akrab Gregoria, menang dengan skor 21-5, 21-11. Pada pertandingan ini, tunggal putri ranking tujuh dunia itu mengaku bermain lebih percaya diri sehingga bisa mengontrol jalannya pertandingan.

Sebagai pemain senior, peraih medali perunggu SEA Games 2021 itu bermain lebih menekan sehingga Ester kesulitan menyerang. Alhasil Jorji mampu menang dua gim langsung di pertandingan ini dalam tempo 34 menit. “Pada pertandingan hari ini saya cukup senang mengingat dari segi pola dan permainan yang ditampilkan cukup nyaman. Saya bisa mengontrol pertandingan,” ucap Jorji.

Dengan kemenangan ini di perempatfinal Gregoria akan menghadapi wakil Jepang, Nozomi Okuhara. Pada laga sebelumnya wakil Negeri Matahari Terbit itu sukses mengalahkan tunggal putri Chinese Taipei, Lin Hsiang Ti dengan skor 21-10, 21-9.

Sementara itu hasil lainnya dari sektor ganda putri, pasangan Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum terhenti. Juara XPORA Indonesia International Challenge 2023 itu menyerah di tangan wakil Denmark, Maiken Fruergaard/Sara Thygesen dengan skor 12-21, 15-21.

Ganda Putra

Dari nomor ganda putra, duet Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani melangkah ke perempatfinal turnamen bulutangkis Daihatsu Indonesia Masters 2024. Ganda putra ranking 46 dunia itu lolos ke delapan besar seusai mengalahkan wakil Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi dengan skor 21-15, 21-11.

Pada pertandingan ini, Sabar/Reza mengaku mendapat banyak keuntungan dari kondisi arena pertandingan yang banyak berhembus angin. Kondisi tersebut menguntungkan mengingat lawan terlihat kesulitan menyerang, sehingga Sabar/Reza mampu mengendalikan permainan. Alhasil runner up Indonesia International Challenge 2023 di Medan itu mampu menang dua gim langsung dari Ong/Teo dalam tempo 36 menit.

Dengan hasil ini, Sabar/Reza revans melawan wakil Negeri Jiran tersebut setelah pada pertemuan terakhir di 16 besar turnamen Daihatsu Indonesia Masters edisi 2021 menyerah dua gim langsung dengan skor 17-21, 12-21.

Pada perempatfinal, Jumat (26/1), Sabar/Reza akan berhadapan dengan pasangan China, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi. Ganda putra ranking delapan dunia itu maju ke delapan besar turnamen BWF Super 500 seusai mengalahkan wakil Skotlandia, Alexander Dunn/Adam Hall dengan skor 21-14, 21-19.

Dengan hasil ini Indonesia menempatkan empat ganda putra di perempatfinal turnamen Daihatsu Indonesia Masters 2024. Tercatat sebelumnya wakil ganda putra yang melangkah ke delapan besar yakni Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Fajar/Rian ke delapan besar seusai mengalahkan wakil Malaysia, Man Wei Chong/Kai Wun Tee dengan skor 21-18, 22-20. Ganda putra Indonesia lainnya yakni Bagas/Fikri menyingkirkan pasangan Jepang, Akira Koga/Taichi Saito dengan skor 21-15, 21-18.

Adapun pasangan ganda putra Indonesia lainnya yang ke perempatfinal yakni Leo/Daniel mengatasi perlawanan wakil China, Xie Hao Nan/Zeng Wei Han dengan skor 21-16, 21-17.