Foto : Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani didampingi Wakil Bupati dan Seketaris Daerah saat melakukan kunjungan ke RSGS.

Bupati Gresik Berharap RSGS Mampu Berikan Layanan Kesehatan Terbaiknya Untuk Masyarakat

Loading

GRESIK (Independensi.com) – Agar bisa memberikan manfaat terhadap masyarakat yang tinggal di wilayah Gresik selatan, dalam mengakses layanan kesehatan. Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani menarget Rumah Sakit Gresik Sehati (RSGS) bisa beroperasi pada akhir tahun 2024. 

Menurutnya, pembangunan RSGS yang menempati lahan seluas 8500 meter dan memiliki tiga gedung dengan kapasitas 100 tempat tidur (TT) itu. Lokasinya berada di Desa Slempit, Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

“RSGS menyediakan fasilitas pendukung lain, sebab ini tipe C maka kapasitasnya hanya 100 tempat tidur,” ujar Gus Yani sapaan akrab Bupati Gresik saat mengunjungi RSGS, Senin (26/2).

Di tambahkannya melalui RSGS ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik ingin mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan. Khususnya, mereka yang tinggal di wilayah Kecamatan Kedamean, Wringinanom, Driyorejo dan Menganti.

“Kalau sudah beroperasi bisa diakses langsung oleh masyarakat,” ucapnya saat sidak bangunan didampingi Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah beserta jajarannya di lingkup Pemkab Gresik.

“Target operasional RSGS akhir tahun 2024, dikarenakan masih ada tahap akhir ruang operasi di lantai empat. Nah, untuk mendapatkan izin operasi, ruang operasi harus rampung terlebih dahulu,” ungkapnya.

RSGS nantinya sambung Gus Yani, akan menjadi salah satu rumah sakit rujukan dari faskes pertama. Masyarakat juga dapat mengakses layanan kesehatan gratis melalui program Universal Health Coverage (UHC).

“Di Kabupaten Gresik, sudah seratus persen menerapkan sistem Universal Health Coverage (UHC). Sehingga, secara otomatis sistem tersebut juga berlaku saat RSGS beroperasi,” tegasnya.

Sementara Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kemenkes Drg. Yuli Astuti Saripawan menyampaikan apresiasinya terhadap pembangunan RSGS yang dilakukan Pemkab Gresik. Karena sesuai dengan program Kementerian Kesehatan, mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“RSGS ini untuk menfasilitasi masyarakat di wilayah Gresik selatan khususnya, agar layanan kesehatan tidak menumpuk di RSUD Ibnu Sina,” tuturnya.

Ditanya terkait progres bangunan, Yuli menjelaskan bahwa fasilitas kesehatan RSGS dipastikan mutu layanan sangat baik dan fasilitasnya juga mumpuni. Tetapi, harus didukung dengan sumber daya manusi (SDM) yang baik dan handal.

“Harapannya RSGS ini kualitas pelayanannya sangat baik dan memuaskan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan kesehatan,” imbaunya.

Untuk diketahui, layaknya layanan medis pada umumnya RSGS juga emberikan layanan kesehatan ringan kepada masyarakat dengan membuka Poli Mata, THT dan Kulit.

Dalam kunjungannya tersebut, Bupati Gresik juga melakukan tasyakuran dan doa bersama di RSGS. Sebagai rangkaian dari Hari Jadi Kabupaten Gresik ke 537 dan HUT Pemkab Gresik ke 50. (Av)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *