Foto : Tim Lajnah Falakiyah PCNU Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, saat melakukan pantauan hilal untuk pastikan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah

Tim Lajnah Falakiyah Lamongan Berhasil Melihat Bulan 1 Syawal 1445 Hijriah

Loading

LAMONGAN (independensi.com) – Tiga orang dari Tim Lajnah Falakiyah PCNU Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, berhasil melihat hilal (bulan) saat melakukan pantauan dengan metode mata telanjang maupun mengunakan alat teropong angkasa untuk memastikan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah. 

Pantauan tersebut, dilakukan tim sejak sekitar pukul 17. 00 WIB – 17.35 WIB di kawasan Pantai Tanjung Kodok yang berada di Kecamatan Paciran, Lamongan, Selasa (9/4) sore.

Ketua Lembaga Falakiyah Lamongan, HM Khoirul Anam mengatakan bahwa dari sejumlah orang dari tim pemantau hilal yang melakukan pemantauan di Tanjung Kodok, Lamongan, ada 3 orang yang berhasil melihat hilal.

“Dari markas Tanjung Kodok yang melihat ada 3 orang dari total 250 perukyah dari bermacam lembaga. KH Udul Aska dari Karanggeneng, M Sabikhul Khoir dari Jenu, Tuban, Pak Nur Khanafi dari Jenu Tuban,” ujarnya.

Berdasarkan hasil sidang yang dilakukan oleh tim pemantau hilal di Lamongan, diputuskan bahwa hilal memang terlihat di salah satu titik pemantauan. Sehingga hasil pantauan hilal akan diteruskan kepada Kementerian Agama.

“Hasil yang kami dapatkan, lalu di sidang rukyatul hilal dan langsung di kirim ke hotline Isbat Kemenag Jakarta, juga ke Kemenag Jatim,” tuturnya.

“Dengan terlihatnya hilal di salah satu titik pantauan, ada kemungkinan 1 Syawal atau Idul Fitri b1445 Hijriah akan jatuh pada Rabu 10 April 2024 besok. Namun, keputusannya resminya masih menunggu hasil sidang isbat Kemenag RI,” pungkasnya. (Abi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *