Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan saat meluncurkan dua mobile training unit (MTU) untuk melatih masyarakat ketrampilan berusaha. (humas)

Dorong Masyakarat Berwirausaha, Pemkab Bekasi Sediakan Mobile Training Unit

Loading

BEKASI (IndependensI.com)-  Bagi masyarakat di Kabupaten Bekasi, bekerja tidak hanya pada sektor formal saja. Selain pengembangan UMKM, kini Pemerintah Daerah setempat,  meluncurkan dua unit Mobile Training Unit (MTU).

Mobil tersebut diperuntukkan  melatih keahlian masyarakat agar dapat berwirausaha. Peluncuran itu didasari oleh banyaknya permintaan saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (musrenbang) baik tingkat desa hingga kecamatan.

Adapun pelatihan yang dapat diberikan melalui MTU,  yakni tata boga, makeup artist, pangkas rambut, instalasi listrik, bengkel las dan perbaikan AC.

Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengatakan adanya MTU ini juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang sangat berpengaruh terhadap perekonomian Kabupaten Bekasi. Selain itu juga untuk mendorong masyarakat untuk memiliki keinginan berusaha tidak berorientasi menjadi pekerja di perusahaan.

“Pemerintah berupaya mendorong masyarakat untuk jadi pengusaha. Dengan Mobile Training Unit (MTU) ini dapat digunakan masyarakat untuk meningkatkan kemampuannya,” ucap Dani.

Sementara, Kepala UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bekasi, Ahmad Ridwan mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Bekasi. Menurutnya langkah ini dapat menekan angka pengangguran.

“Dengan adanya MTU ini, kami bisa melakulan pelatihan secara mobile ke Desa-desa jadi tidak hanya di kantor BLK saja. Tujuannya meningkatkan keterampilan dan kompetensi masyarakat dalam berwirusaha,” tandas Ahmad.

Diharapkan, kehadiran MTU ini, dapat dimanfaatkan semaksimalnya oleh masyarakat untuk dapat membuka usaha guna meningkatkan pendapatan keluarga. (jonder sihotang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *