Kemkominfo Gelar Bimtek Kolaborasi Humas Kementerian & Lembaga Untuk Gaungkan WWF ke – 10

Loading

Denpasar (Independensi.com) – Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melalui Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik menggelar Bimtek Kolaborasi Pengelola Media Sosial Pemerintah dalam menggaungkan 10th World Water Forum (WWF) 2024.

Kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 100 peserta yang hadir secara daring dan 500 peserta luring ini mengahadirkan dua orang narasumber yakni Staf Ahli PUPR Firdaus Ali dan praktisi media sosial Ramone Pulungan yang diharapkan mampu memberikan ilmu kepada peserta dalam menggaungkan pelaksanaan 10th World Water Forum 2024. Hal tersebut disampaikan Dirjen IKP Kementerian Kominfo Usman Kansong, Bali, Senin (6/5/2024)

“Jadi mudah-mudahan dengan dua materi ini, teman-teman humas dari Kementerian Lembaga yang hadir ada 100 lebih Kementerian, Lembaga, dan Pemerintahan Daerah di Bali saja, belum termasuk yang online, bisa membuat konten dan mempromosikannya di media sosial ataupun di kanal-kanal yang mereka miliki,” ujar Usman.

Ditjen IKP juga menyebutkan pemerintah di tingkat pusat dan daerah harus mampu mengambil bagian dalam menggaungkan informasi terkait event dunia ini. Peran pengelola media sosial sangat penting terutama dalam hal berkolaborasi menyampaikan materi dan konten yang harus diketahui oleh publik.

Para peserta pun memiliki kesempatan untuk meningkatkan kompetensi membuat konten melalui berbagai kegiatan site visit di sejumlah titik wisata dan juga lokasi yang nantinya berkaitan dengan pelaksanaan World Water Forum 2024, seperti Taman Hutan Rakyat Ngurah Rai, Desa Wisata Jatiluwih dan beberapa lokasi lainnya. Konten yang telah dibuat dengan sekreatif mungkin oleh humas tersebut juga diperlombakan.

Setelah 2 (dua) hari kegiatan pembekalan dan pembuatan konten, diakhir kegiatan ini ditetapkan pemenang Onsite pemenang pertama Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung, disusul oleh pemenang kedua dan ketiga Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara. Sedangkan pemenang Online yakni Kementerian Sekretariat Negara.

Staf Ahli Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Firdaus Ali berharap dengan adanya pembekalan dan site visit ini, humas pemerintah pusat dan daerah benar-benar dapat mensosialisasikan kepada publik bahwa pentingnya pelaksanaan World Water Forum ini.

“Ekspektasi kita kepada teman-teman Pengelola Media Sosial Pemerintah Pusat dan Daerah, yang bergerak di bidang pembuatan dan penyebaran konten sosial tadi adalah ini event yang tidak akan mungkin ada lagi sepanjang usia kita-kita ini jadi tuan rumah, dan kita menjadi negara ketiga yang jadi tuan rumah di Asia,” ujar Firdaus.

Dalam kegiatan ini juga diumumkan para pemenang Anugerah Narasi Tunggal 2024 (ANT 2024) kategori Kontributor Media Sosial dan kategori Videotron.
A. Kategori Kontributor Media Sosial
1. Terbaik 1 Kontributor Media Sosial: Kementerian Sekretariat Negara
2. Terbaik 2 Kontributor Media Sosial : Badan Kepegawaian Negara
3. Terbaik 3 Kontributor Media Sosial: Pemerintah Kabupaten Tanggerang

B. Kategori Kontributor Videotron Tahun 2024
1. Terbaik 1 Kontributor Videotron: Kementerian Perdagangan
2. Terbaik 2 Kontributor Videotron: Kementerian Pertahanan
3. Terbaik 3 Kontributor Videotron: Kementerian Pemuda dan Olahraga

Anugerah Narasi Tunggal merupakan bentuk apresiasi terhadap kinerja institusi kementerian Lembaga, pemerintah daerah, bidang bidang komunikasi dan informasi publik yang berkontribusi menggaungkan narasai tunggal terkait program dan prioritas pemerintah pada tahun 2023. (hd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *