Menumbuhkan Kesadaran Cegah Stunting: Tim Pengabdi dan DPK PPNI FIK UI Beri Edukasi kepada Para Kader dan Remaja Kepulauan Seribu

Menumbuhkan Kesadaran Cegah Stunting: Tim Pengabdi dan DPK PPNI FIK UI Edukasi Kader dan Remaja Kepulauan Seribu

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) –  Melalui program hibah Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPM) Universitas Indonesia, tim Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) menginisiasi kegiatan sosialisasi dengan pemberdayaan para kader untuk mencegah stunting. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 28 September 2024 di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Tanjung Elang Berseri Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu Utara.

Kegiatan yang diketuai oleh Dr. Tri Budiati, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.Mat. berlangsung meriah dengan dihadiri Muhammad Nuralim (Sekretaris Lurah Pulau Panggang), Suryadi (perwakilan DPK PPNI Kepulauan Seribu Utara dan pegawai Puskesmas Pulau Harapan), serta 30 peserta yang terdiri dari kader-kader dan remaja wilayah Pulau Pramuka. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang stunting dan pencegahannya sedari dini.

Kegiatan dimulai dengan pelaksanaan senam bersama, pelaksanaan pre-test, dan dilanjutkan edukasi dari perwakilan tim FIK UI. Pada sesi edukasi terkait stunting, para peserta diberikan informasi seputar stunting dan cara ideal untuk mengurangi serta mengatasi adanya kejadian stunting di masyarakat, mulai dari pemenuhan gizi dan mengoptimalkan kesehatan remaja wanita serta ibu hamil.

Antusiasme peserta terlihat selama kegiatan berlangsung. Para kader dan remaja sangat antusias dan semangat dalam mengikuti setiap sesi. Banyak pertanyaan yang dilontarkan para peserta sebagai bukti dari antusiasme mereka pada materi-materi yang dibawakan. Antusiasme serrta keseriusan para kader dapat terlihat pula dari hasil posttest dengan kenaikan yang signifikan yaitu sebesar 60 persen dari hasil pretest. Sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi aktif para peserta, tim FIK UI memberikan berbagai souvenir dan doorprize bagi para peserta.  Kegiatan ini juga membagikan leaflet dan kipas yang berisikan materi yang telah disampaikan, dengan harapan  para peserta dapat mengingat kembali materi yang telah diberikan melalui kipas serta leaflet ini dan dapat meneruskan informasinya kepada masyarakat dan teman sebayanya.

“Kegiatan ini sangat baik karena tujuannya untuk mengatasi stunting. Program nasional, program kita bersama untuk fokus mencegah stunting. Pesan saya, semoga program-program seperti ini ditingkatkan lagi karena akan berdampak positif pada keluarga-keluarga dengan anak stunting. Sebenarnya sumber protein itu banyak di sini, namun karena ketidaktahuan ibu-ibu, protein yang bersumber dari ikan ini dianggap sepele. Kami dari kelurahan pulau panggang sangat berterima kasih dan mengapresiasi sekali FIK UI atas kegiatan ini”, ucap Sekretaris Lurah Pulau Panggang, Muhammad Nuralim.

Suryadi selaku perwakilan DPK PPNI Kepulauan Seribu Utara juga menuturkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat di Pulau Pramuka ini sangat membantu bagi kader untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Kader sebagai agent of change di masyarakat merupakan ujung tombak, perpanjangan tangan dari petugas kesehatan ke masyarakat. Suryadi mengucapkan terima kasih sekali kepada FIK UI yang sudah melakukan kegiatan pengabdian masyarakat karena membantu mereka untuk menuntaskan atau menurunkan angka stunting di Pulau Pramuka.

Dengan demikian, program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh tim FIK UI bukan sekadar aksi sesaat, melainkan menjadi landasan awal dalam membudayakan kesadaran dan keterampilan masyarakat di Pulau Pramuka. Program pengabdian masyarakat FIK UI di Pulau Pramuka bukan sekadar edukasi, tapi wujud kepedulian nyata dari kepedulian dan tanggung jawab membantu sesama. Melalui berbagai program inovatif, tim FIK UI berupaya memberdayakan masyarakat setempat dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *