Kadispora DKI Jakarta, Andri Yansyah melakukan gunting pita pada peresmian penggunaan Lapangan Tenis Indoor Bulungan sekaligus membuka kejuaraan Pinktober Tennis Tournament 2024, Sabtu (26/10/2024). (Ist/Jusraga)

Pinktober Tennis Tournament 2024: Ajang Memasalkan Kepedulian Kanker Payudara

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Dalam rangka peringatan bulan Kanker Payudara Internasional, De Sports bekerjasama dengan Jurnalis Peduli dan Suka Olahraga (Jusraga) dan Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) menggelar Pinktober Tennis Tournament 2024. Turnamen yang bertemakan #PinkTober – Play Tennis Fight The Cancer ini digelar pada 26-27 Oktober 2024 di lapangan tenis indoor Bulungan, Jakarta.

Direktur Turnamen Pinktober Tennis Tournament 2024, Wanda Jane mengatakan, antusias peserta pada turnamen khusus wanita yang memainkan nomor ganda ini cukup tinggi. Bahkan panitia pelaksana sampai harus membatasi jumlah peserta yang bersedia turun pada turnamen ini hingga hari terakhir pendaftaran.

“Antusias peserta sangat luar biasa. Awalnya kami ragu tetapi hingga batas waktu penutupan, masih banyak yang ingin mendaftar. Karena keterbatasan waktu dan lapangan pertandingan, maka kami batasi 40 pasang peserta dengan sistem pertandingan round robin terbagi dalam empat grup,” ujar Wanda di sela acara pembukaan, Sabtu (26/10/2024).

Dalam kesempatan yang sama, Endang Moerniati dari bidang Media dan PR Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) mengatakan, turnamen ini digelar untuk lebih memasalkan makna dari bulan kepedulian kanker payudara. Endang menambahkan, melalui turnamen ini para peserta turut peduli pada penyakit kanker payudara sekaligus mengedepankan gaya hidup sehat melalui olahraga tenis.

“Kami dari YKPI berharap, dengan adanya turnamen ini masyarakat semakin peduli pada penyakit kanker payudara. Kanker ini bisa disembuhkan pada stadium awal. Untuk itu YKPI terus melakukan kampanye tentang pentingnya pemeriksaan payudara sendiri atau Sadari, melalui kegiatan apapun termasuk olahraga tenis,” ucap Endang.

Revitalisasi  Fasilitas Olahraga

Sementara itu, Dinas Pemuda dan Olahraga terus  melakukan revitalisasi fasilitas olahraga di seluruh Kota Jakarta. Salah satu sarana olahraga yang telah selesai masa renovasinya adalah lapangan tenis indoor Bulungan, Jakarta. Peresmian sarana olahraga ini bertepatan pula dengan perhelatan Pinktober Tennis Tournament 2024 yang digagas Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI).

“Hari ini kami meresmikan penggunaan lapangan tenis indoor yang sudah direnovasi atap membran dan penambahan toilet. Seluruh pengerjaan renovasi dilaksanakan selama empat bulan. Semua ini dilakukan agar  masyarakat dapat menggunakan fasilitas ini dengan maksimal untuk berolahraga sekaligus mendukung gaya hidup sehat,” ungkap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) DKI Jakarta, Andri Yansyah.

Andri mengatakan, fasilitas olahraga di bawah Unit Pengelola Gelanggang Jakarta Selatan ini selain untuk akses kemudahan bermain tenis juga mendukung gaya hidup sehat  masyarakat. “Terdapat dua lapangan tenis, satu lapangan indoor dan satu lapangan outdoor yang siap digunakan. Semoga masyarakat turut menjaga dan bertanggung jawab merawat agar fasilitas ini nyaman digunakan,” imbuh Andri. Dia menambahkan, diharapkan fasilitas ini bisa menjadi penunjang latihan dan menambah semangat para atlet agar bisa berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *