Pelaksanaan donor darah karyawan Perumda Tirta Bhagasasi Bekasi. (humas)

Sambut HUT ke 43: Sebanyak  80 Karyawan Perumda Tirta Bhagasasi Bekasi Donor Darah

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Sebanyak 80 orang  pegawai Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Bhagasasi Bekasi, mendonorkan darah. Kegiatan donor darah ini, diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari  Ulang Tahun ke 43 Perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Kabupaten Bekasi

Adapun pelaksanaan donor darah  berkerjasama dengan Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Bekasi, digelar, Kamis (12/9/2024) di Kantor Pusat Perumda Tirta Bhagasasi, Kecamatan Cikarang Pusat  Bekasi.

Adapun peserta donor, para karyawan yang berkantor di Kantor Pusat, Kantor-kantor Cabang dan Kantor Cabang Pembantu

Dari 120 orang yang mendaftar, sebanyak  80 orang   berhasil donor, ungkap Koordinator  Donor Darah Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Bhagasasi Ari Bayu P.

Sebelum diambil darahnya, calon pendonor terlebih dahulu diperiksa kesehatannya oleh tim medis PMI,  untuk memastikan  apakah mereka layak untuk donor.

Kepala Sub Bagian Humas dan Protokol Pada Bagian Hukum dan Humas Perumda Tirta Bhagasasi Hasan Basri menjelaskan, kegiatan donor darah seperti ini, dilakukan setiap tahun saat peringatan HUT perusahaan.

“Ini agenda rutin setiap tahun kita lakukan, dan dalam pelaksanaannya berkerjasama dengan PMI Kabupaten Bekasi. Jadi darah hasil donor sepenuhnya pendistribusiannya menjadi kewenangan PMI,” katanya.

Pada kesempatan itu, Direktur Teknik Perumda Tirta Bhagasasi Johny Dewanto,  turut  menyumbangkan darahnya. Kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin setiap tahun pada  peringatan HUT perusahaan.

  1. “Ini salah satu bentuk kepedulian sosial dari para pegawai untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah, dan dilaksanakan tiap tahun,” katanya.

Sementara itu, dr Adinda Nurani Putri sebagai dokter PMI Kabupaten Bekasi menjelaskan, pihaknya rata-rata berhasil donor 1.600 kantong per bulan. Peserta donor, ada dari perorangan, karyawan beberapa perusahaan yang ada di kawasan industri Bekasi, serta dari lembaga lainnya.

Dari rata-rata 1.600 kantong darah dari pendonor, terbanyak golongan darah AB, B dan O. Untuk golongan darah A agak lebih sedikit dibanding golongan darah lainnya, ucapnya. (jonder sihotang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *