Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Tim Pemenangan Ridwan Kamil - Suswono Ismail (tengah)

RIDO Siapkan Kampung Keren Jakarta: Transformasi Kawasan Kumuh Jadi Lingkungan Sehat dan Modern

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil dan Suswono (RIDO), meluncurkan program inovatif bertajuk Kampung Keren Jakarta. Program ini bertujuan untuk menata kawasan kumuh di ibu kota menjadi kampung yang sehat, indah, dan layak huni.

Melalui pendekatan high-density urban village, kawasan-kawasan kumuh akan dibangun ulang dengan infrastruktur yang terintegrasi, termasuk fasilitas air bersih, sanitasi, dan akses jalan yang memadai. Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta sekaligus Tim Pemenangan RIDO, Ismail, menyatakan bahwa pasangan nomor urut 01 ini ingin memberdayakan setiap kecamatan dengan Jakarta Micro Upgrade.

“Program ini melibatkan arsitek dan perencana di setiap kecamatan yang akan bekerja sama dengan warga lokal untuk merancang lingkungan yang lebih sehat dan nyaman,” ujar Ismail pada konferensi pers, Jumat (4/10/2024).

Program ini tak hanya berfokus pada infrastruktur, tetapi juga menyediakan hunian layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) melalui pembangunan rumah susun (Rusunawa dan Rusunami) dengan akses transportasi yang mudah serta skema sewa dan kepemilikan yang terjangkau.

Lebih lanjut, program ini menjadi solusi untuk revitalisasi 450 RW kumuh di Jakarta yang masih terdata oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2023. RIDO menargetkan agar dalam lima tahun ke depan, tak ada lagi lingkungan kumuh di Jakarta.

Selain itu, pasangan ini juga mengusulkan subsidi renovasi rumah tidak layak huni (rutilahu) bagi MBR sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas hunian masyarakat.

Melalui pengembangan high-density urban village dan dukungan hunian vertikal yang terintegrasi dengan fasilitas publik, program Kampung Keren Jakarta diharapkan mampu memberikan dampak signifikan bagi kualitas hidup warga Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *