Deddy Tedjamukti (kiri). (Foto-foto: Dwi Ari Setyadi)

Deddy Tedjamukti Tutup Usia

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Salah satu pelatih tenis terbaik Tanah Air, Deddy Tedjamukti menghembuskan nafas terakhir dalam usia 60 tahun, Sabtu (5/10/2024), pukul 19.25 WIB. Kanker usus besar yang terdeteksi dua tahun belakangan, tidak membuat aktifitas pria tiga anak sebagai pelatih tenis bertangan dingin ini harus terhenti. Deddy tetap ke lapangan disela waktu pengobatan dan kesehariannya. Kecintaan pada olahraga tenis sungguh luar biasa, bahkan dua bulan sebelum ajal menjemput masih memberikan pelatihan dan arahan pada para asuhannya.

Virginia Rusli dan Deddy Tedjamukti.

“Kanker rektum ini sudah dua tahun lalu terdeteksi dan langsung stadium 4. Tapi seperti tidak dirasakan dan tetap aktif melatih, ikut anak-anaknya tanding keluar kota, keluar negeri. Sebulan terakhir, dia memang mulai mengurangi aktifitasnya. Dua pekan di rumah sakit, kondisinya menurun terus,” ungkap sang istri, Virginia Rusli di Rumah Duka Tabhita Ukrida, Jakarta, Minggu (6/10/2024).

Vivi, panggilan akrab Virginia mengakui, kecintaan sang suami pada olahraga tenis sangat besar dan dedikasi yang diberikan pun melebihi porsinya sebagai seorang pelatih. Sejumlah prestasi gemilang yang pernah ditorehkan oleh Almarhum bakal terus menghiasi perjalanan sejarah tenis Indonesia. “Tenis Indonesia mungkin akan kehilangan sosok Deddy Tedjamukti. Tapi kecintaan, dedikasi dan kenangannya tetap ada bagi kami,” kata Vivi.

Mantan pelatih timnas tenis putri Indonesia ini dikenal sebagai pribadi yang pandai bergaul dan sosok yang dihormati di luar maupun di lapangan tenis, bahkan salah satu pelatih tenis yang mudah didekati wartawan kala mencari berita. Loyalitas sebagai pelatih dan kasih sayang seorang ayah, kerap menjadi pemacu prestasi dan performa para atlet binaannya.

Deddy yang pernah selama 14 tahun memoles sekaligus mengasah performa serta prestasi petenis putri Indonesia, Angelique “Angie”Widjaja sangat luar biasa. “Dia adalah salah satu orang yang paling berjasa dalam hidupku. Dia adalah pelatih tenisku selama 14 tahun yang mengasah aku menjadi juara hingga dunia tenis saya selesai,” tulis Angie di akun Instagram.

Angie mengatakan, di luar tenis Deddy senantiasa mengajarkan untuk menjadi orang yang rendah hati dan tulus dalam menjalani hidup. “Ko Deddy mengajarkan untuk menjadi orang yang rendah hati, be nice and be kind to everyone serta tulus hatinya. Dia memberikan bukti nyata kepada saya, bahwa untuk menjadi orang sukses tidak perlu dengan cara otoriter, tetapi dengan kasih,” imbuh Angie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *