Foto : Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Gresik Jawa Timur saat mengelar Pesta Siaga

Siaga Kwartir Cabang Pramuka Gresik Dilatih Kemandirian dan Kreatifitas 

Loading

GRESIK (independensi.com) – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Gresik Jawa Timur, menggelar kegiatan Pesta Siaga di lokasi Wisata Jati Sewu, yang berada dari Kecamatan Menganti.

Kegiatan yang bertemakan “Mandiri, Terampil, Bergembira, dan Santun” ini, diikuti 400 anggota pramuka dengan rentang usia 7-10 tahun dari 16 kecamatan di Kabupaten Gresik.

Plt Bupati Gresik sekaligus Ketua Kwarcab Pramuka Gresik, Aminatun Habibah menyampaian pentingnya menanamkan semangat kemandirian dan kreativitas kepada anak-anak sejak dini dengan cara yang menyenangkan.

“Kegiatan hari ini merupakan kesempatan bagi adik-adik Siaga, untuk menunjukkan kreativitas yang mereka miliki. Semoga kegiatan ini mampu menumbuhkan jiwa semangat ‘Siaga Produktif’ dalam diri kalian,” ucapnya saat membuka kegiatan, Rabu (23/10).

Ditambahkannya bahwa pembinaan sangat penting dilakukan untuk menjadikan anak-anak Siaga, sebagai kader pemimpin bangsa yang berkarakter.

“Semangat bermain dan berkarya yang kalian tunjukkan hari ini, disaksikan oleh semua yang hadir di sini. Dan dari sinilah kalian akan menjadi ‘Kader Pemimpin Bangsa yang Berkarakter’ dalam memajukan bangsa dan negara,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga memberikan tiga pesan penting kepada para peserta Pesta Siaga. Pertama, rajin belajar di sekolah dan menjadi contoh dalam setiap kegiatan. Kedua, taat kepada orang tua, terutama kepada ibu. Ketiga, tidak meninggalkan ibadah kepada Tuhan sesuai dengan agama masing-masing.

“Kami berharap kegiatan Pesta Siaga yang digelar hari ini, mampu memupuk kemandirian, keterampilan dengan berbagai kegiatan kreatif dan edukatif, serta rasa kebersamaan dan persaudaraan di antara anggota Pramuka Siaga. Serta bisa mengajak anak-anak belajar dengan cara yang menyenangkan, sambil tetap menanamkan nilai-nilai karakter positif,” tukasnya.

“Kegiatan ini sekaligus menjadi bukti nyata komitmen Kwartir Cabang Pramuka Gresik dalam membina generasi muda, khususnya anak-anak Siaga, agar kelak menjadi generasi penerus yang tangguh dan berintegritas,” tandasnya. (Mor)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *